Beranda Olahraga Penting, Rekonsiliasi Suporter Harus Dilakukan hingga Akar Rumput
Olahraga

Penting, Rekonsiliasi Suporter Harus Dilakukan hingga Akar Rumput

Kericuhan di sela laga Persija Jakarta kontra Persib Bandung (Foto YouTube)

JAKARTA, Makansedap.id – Anggota Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Komite Ad Hoc suporter Arya Sinulingga meminta rekonsiliasi antara pendukung klub Liga 1 harus dilakukan sampai level akar rumput.

Pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta dan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu, 3 September 2023, diwarnai beberapa insiden kericuhan penggemar. Karena itu, diperlukan rekonsiliasi antara pendukung klub Liga 1 hingga level akar rumput.

Dari tayangan yang beredar di media sosial, terdapat cuplikan video sejumlah penggemar Persija bergerak cepat mengamankan sosok yang diduga pendukung klub lawan dari amuk massa. Berdasarkan itu, dibutuhkan rekonsiliasi antara pendukung klub Liga 1 hingga level akar rumput.

PSSI sebenarnya sudah melarang para penggemar klub tim tamu mendatangi pertandingan tandang, namun larangan itu telah beberapa kali dilanggar oleh para supporter.

Melihat dinamika terkini, Arya pun mendorong agar rekonsiliasi dan komunikasi antara para penggemar yang bermusuhan dilakukan sampai akar rumput.

“Jadi sejak dari tadi kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Viking Persib dan Bomber Persib serta Jakmania. Kami sudah koordinasi, sudah meminta supaya dilakukan secepatnya pertemuan dan rekonsiliasi sampai level akar rumput,” kata Arya dalam rekaman audio yang diterima pewarta.

Baca Juga:   Enam Pemain Manchester City Gabung Tim Terbaik FIFA 2023

Untuk level elite organisasi penggemar, Arya meyakini situasinya baik-baik saja. Ia mencontohkan situasi saat petinggi Jakmania melakukan komunikasi dengan pentolan supporter Persib, Viking.

“Karena kita percaya kalau teman-teman di elitenya, elitenya suporter mereka oke. Bahkan, tadi malam sebelum pertandingan Diky (Soemarno, Ketua Umum Jakmania) dan Tobi (Tobias Ginanjar, Ketua Umum Viking Persib Club) itu melakukan IG live bersama-sama tetapi ternyata di bawah sudah juga ada kejadian yang seperti kemarin,” tambah Arya.

Masalah suporter tandang telah beberapa kali terjadi pada Liga 1 musim 2023-2024. Sebelumnya, penggemar Persebaya juga pernah mengawal timnya saat bertanding melawan Persija Jakarta pada 30 Juli silam, meski demikian saat itu tidak ada kericuhan penggemar.

Sedangkan pada partai tandang terakhir Persib sebelum bertamu ke markas Persija, para penggemar mereka juga diketahui melakukan lawatan ke markas PSIS Semarang pada 20 Agustus silam. Laga itu sempat diwarnai kerusuhan antarkedua kubu penggemar. (M1)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Sebelumnya

Persija Kontra Persib Imbang, Nick Kuipers Gagal Balas Dendam

Selanjutnya

Ekosistem Sepak Bola Putri Butuh Perbaikan

makansedap.id