PONTIANAK, Makansedap.id – Pelajar SD Mujahidin di Kota Pontianak, Kalimantan Barat atau Kalbar turut mengenalkan kuliner lokal untuk pelestarian makanan daerah, melalui makan kue tradisional bersama.

“Kegiatan makan kue tradisional bersama ini tidak hanya sekedar acara makan bersama, tetapi juga sebagai bentuk pelajaran tentang kebersamaan, saling menghargai, dan melestarikan budaya daerah,” ujar Kepala Sekolah SD Mujahidin Pontianak, Sutaji seperti dilansir Antaranews.com yang dibaca Makansedap.id, Jumat, 25 Oktober 2024.

Makan kue tradisional bersama ini, kata Sutaji, dilakukan seluruh pelajar SD Mujahidin. Menurut dia, kegiatan tersebut juga sebagai pelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan upaya sekolah untuk membentuk generasi berkarakter, kreatif, dan memiliki nilai kebangsaan kuat.

“Kebetulan bulan Oktober masih dalam rangkaian Hari Jadi Ke-253 Pontianak. Momen ini diambil pihak sekolah untuk mengadakan kegiatan makan kue tradisional bersama. Tujuannya untuk mengenalkan kearifan lokal kepada siswa,” ucap Sutaji.

Melalui kegiatan itu, kata Sutaji, siswa juga belajar bahwa kue tradisional, seperti kue bingke, klepon, dan lain-lain, merupakan warisan budaya yang perlu dihargai dan dilestarikan.