Digitalisasi Jadi Kunci Dongkrak Pertumbuhan Bisnis UMKM

Kamis 26-06-2025,20:49 WIB
Reporter : Rio Winto
Editor : Rio Winto

JAKARTA, Makansedap.id - Perkembangan teknologi digital memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. 

Pemanfaatan digitalisasi oleh pelaku UMKM terbukti mampu meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan mendongkrak pendapatan secara signifikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, transformasi digital telah mengubah lanskap bisnis UMKM secara drastis. Mulai dari pemanfaatan media sosial untuk promosi hingga penggunaan platform e-commerce dan sistem pembayaran digital, teknologi kini menjadi tulang punggung dalam mempercepat pertumbuhan sektor ini.

“Digitalisasi bukan lagi pilihan, melainkan keharusan bagi UMKM agar tetap relevan dan berdaya saing,” kata Ketua Tim Implementasi Games Kementerian Komunikasi dan Digital, Tita Ayuditya Surya dalam acara diskusi Peran Teknologi Digital Dongkrak Pertumbuhan Bisnis UMKM yang digelar Makansedap.id, di Scientia Square Park Summarecon, Serpong, Rabu, 25 Juni 2025.

BACA JUGA:Alasan Meutya Hafid Minta ASN Jadi Penggerak Transformasi Digital

Tita Ayuditya Surya menyebutkan, platform seperti Instagram, TikTok, Tokopedia, dan Shopee menjadi alat utama bagi UMKM untuk menjangkau konsumen lintas daerah. 

Kemkomdigi sendiri, lanjut Tita Ayuditya Surya, memiliki program untuk mendorong UMKM melek digital, dengan memanfaatkan teknologi. 

“Dengan teknologi akan mendorong efektifitas, dan bisnis dalam skala apa pun. Sehingga kami mendorong lebih kepada literasi digital, sheingga lebih bisa menunjang usaha UMKM,” ungkap Tita Ayuditya Surya.

Kemkomdigi sudah menjalankan program UMKM go digital, dan UMKM level up. Tahun ini, Kemkomdigi juga fokus untuk literasi digital bagi masyarakat luas, termasuk pelaku usaha dan UMKM.

BACA JUGA:Program Pelatihan AI Bidik UMKM dan 10.000 Pekerja di Seluruh Indonesia

 “Ada workshop, ada pelatihan promosi online. Kalau secara payung besarnya kita komitmen untuk mendorong untuk memanfaatkan teknologi. Karena teknologi itu harus inklusif. Bagaimana UMKM memanfaatkan teknologi dengan baik,” ucap Tita Ayuditya Surya.

Kisah Sukses

Salah satu kisah sukses datang dari Endang Hariyanti, pemilik usaha makanan rumahan seperti nasi gudeg, sambal dan basreng, dengan brand Cemal-Cemil.

Endang mengaku omzet penjualannya melonjak drastis hingga 40%, setelah rutin mempromosikan produknya secara online. Sebelumnya dia menjalankan usaha ini secara offline.

“Awalnya kami hanya menjual secara offline dari teman ke teman, sekolah-sekolah, dan ikut bazar. Kemudian, berkat bantuan-anak-anak, usaha saya bertransformasi ke digital dan sekarang masuk ke e-commerce. Saat ini order datang dari berbagai daerah,” tutur Endang.

Kategori :