JAKARTA, Makansedap.id – Sebuah kolaborasi kuliner internasional resmi hadir di Jakarta. Aussie Beef bersama Pemerintah New South Wales (NSW), Australia, menghadirkan pengalaman bersantap eksklusif bertajuk Two Chefs, One Passion: Premium Australian Beef on Every Plate di Silk Thai Restaurant mulai 26 September hingga 26 Oktober 2025.
Program ini merupakan bagian dari promosi daging sapi Australia kelas dunia yang dikurasi oleh Meat and Livestock Australia (MLA) melalui inisiatif global Aussie Beef Mates.
Kolaborasi ini melibatkan Chef Freddie Salim, perwakilan Indonesia dalam program tersebut, dan Chef Louis Tikaram, chef asal Australia yang dikenal dengan sentuhan modern dalam masakan Asia.
Chef Freddie yang tahun ini mengikuti kunjungan ke peternakan sapi di New South Wales bersama delegasi internasional lainnya, membawa pulang pengalaman dan inspirasi yang dituangkan dalam menu kolaboratif spesial bersama Chef Tikaram.
BACA JUGA:Pedas Berkhasiat, Ini Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan Tubuh
“Kolaborasi ini bukan sekadar menyajikan makanan lezat, tetapi juga bercerita tentang perjalanan daging sapi Australia. Dari padang hijau New South Wales hingga kehangatan meja makan di Jakarta,” ujar Christian Haryanto, Chief Representative MLA Indonesia dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Selasa, 30 September 2025.
Menu yang dihadirkan dalam kolaborasi ini menonjolkan berbagai potongan daging sapi Australia premium, termasuk grass fed, grain fed, hingga wagyu, yang dipadukan dengan cita rasa khas Thailand.
Beberapa sajian unggulan yang ditawarkan di antaranya adalah Spiced Beef Tartare, Ribeye Skewer, Wood Grilled OP Ribs, Mussaman Beef Curry, hingga Beef Larb.
Yonathan Wijaya, NSW Trade and Investment Director, menyampaikan, kerja sama ini juga menjadi bentuk penguatan hubungan budaya dan kuliner antara Australia dan Indonesia.
BACA JUGA:Begini Dampak Sering Makan Pedas pada Saluran Cerna
“New South Wales adalah rumah bagi salah satu daging sapi terbaik dunia, dan kami bangga dapat memperkenalkannya kepada masyarakat Indonesia melalui kreativitas para chef berbakat ini,” ujar Yonathan.
Inisiatif Aussie Beef Mates sendiri melibatkan 16 chef, profesional kuliner, dan influencer dari 12 negara. Mereka diberangkatkan ke Australia untuk melihat langsung proses produksi daging sapi yang berkelanjutan, berdialog dengan petani, serta memahami standar etika dan kualitas yang tinggi, termasuk sertifikasi Halal yang ketat.
Melalui promosi ini, para pencinta kuliner Jakarta diajak untuk menikmati pengalaman bersantap yang tak hanya lezat dan kreatif, tetapi juga sarat nilai keberlanjutan dan etika produksi pangan.