Bahaya, Kurang Tidur Picu Risiko Diabetes

Kurang tidur picu diabetes (Foto UChicago Medicine)

JAKARTA, Makansedap.id – Sebuah penelitian terbaru menemukan seseorang yang kurang tidur dari lima jam dalam sehari menghadapi risiko lebih besar terkena penyakit diabetes tipe dua, termasuk bagi yang telah menerapkan pola makan sehat.

Seperti dikutip Medical Daily, Rabu, 6 Maret 2024, penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Uppsala dan dipublikasikan di JAMA Network Open ini mengungkapkan risiko diabetes lantaran kurang tidur tidak cukup dicegah hanya dengan mengonsumsi makanan sehat.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa durasi tidur yang singkat setiap hari secara berulang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua, sementara kebiasaan diet sehat seperti makan buah dan sayuran secara teratur dapat mengurangi risikonya,” kata anggota tim peneliti, Diana Noga.

Baca Juga:   Wanita dengan Komplikasi Kehamilan Rawan Sakit Jantung

“Namun, masih belum pasti apakah orang yang memiliki durasi tidur terlalu pendek dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua dengan makan sehat,” tambah Diana Noga.

Penelitian ini menggunakan sampel data dari UK Biobank. Data ini berasal dari respon para peserta yang ditanya tentang kesehatan dan gaya hidup mereka dan dipetakan secara genetik.

1 2

Iklan