Bahaya, Polusi Udara Dapat Sebabkan Kanker

Polusi udara di DKI Jakarta (Foto Live Aman)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hemato-Onkologi Medik Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD, K-HOM, FINASIM, FACP mengatakan, polusi udara dapat menyebabkan kanker.

“90% penyebab kanker itu lingkungan, selain rokok, polusi udara,” ujar Prof Aru ditemui di Jakarta, Sabtu, 23 September 2023.

Prof Aru membahas kualitas udara di DKI Jakarta juga kota-kota sekitarnya semakin buruk akibat polusi dari emisi kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik yang mengelilingi kota. Kondisi udara yang buruk akan menyebabkan kanker.

Meski risiko polusi udara terhadap kanker hanya sebanyak2%, pencemaran udara ini, menurut Prof Aru, tetap dapat menimbulkan kanker dalam tubuh manusia.

Baca Juga:   Simak Alasan Kimberly Ryder Sajikan Variasi Makanan untuk Anak

“Polusi udara hanya 2% memang, tapi 2% dari jumlah populasi besar, besar juga angkanya. Hal itu berdampak pada kanker,” kata Prof Aru.

Selain asap rokok, Prof Aru menyebutkan polusi udara akibat asap kendaraan juga termasuk karsinogenik, yakni zat yang berpotensi menyebabkan kanker. Asap kendaraan diketahui mengandung zat karsinogenik bernama polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang dapat merusak sel tubuh dan menyebabkan kanker.

Prof Aru menyebutkan, zat karsinogenik umumnya membutuhkan waktu antara lima dan sepuluh tahun untuk menimbulkan kanker pada tubuh manusia .

1 2

Iklan