JAKARTA, Makansedap.id – Peneliti dari survei nasional menyarankan orang tua untuk menyadari dampak buruk penggunaan headphone yang berkepanjangan dari perangkat audio. Sebab, hasil temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaannya pada kalangan anak-anak.

Menurut Survei Nasional Kesehatan Anak-anak C.S. Mott di Rumah Sakit Anak Universitas Michigan, dua dari tiga orang tua mengatakan anak mereka menggunakan headphone atau earbud.

Di antara anak-anak yang menggunakan headphone atau earbud, 16% menggunakan perangkat audio mereka setidaknya selama dua jam sehari. Sedangkan, 24% mendengarkan mereka selama satu hingga dua jam.

“Selama beberapa tahun terakhir, kita sebagian besar khawatir tentang remaja yang menggunakan perangkat audio terlalu banyak. Tetapi, earbud telah menjadi semakin populer dan banyak digunakan di kalangan anak-anak yang lebih muda, yang mengekspos mereka pada kebisingan yang lebih intens secara teratur,” kata Co Director Mott Poll Dr. Susan Woolford seperti dikutip dari Medical Daily, Selasa, 27 Februari 2024.

Baca Juga:   Kuliner Jadul Ramaikan Solo Legend Culinary

“Risiko paparan kebisingan bagi anak-anak kecil secara historis melibatkan peristiwa kebisingan tunggal yang keras seperti konser atau kembang api. Tetapi, orang tua mungkin meremehkan potensi bahaya dari penggunaan berlebihan perangkat mendengarkan. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah paparan kebisingan anak mereka sehat,” Woolford memperingatkan.

Hasil survei menunjukkan, hanya separuh dari orang tua yang mencoba membatasi penggunaan perangkat audio anak mereka, dengan strategi seperti meminta anak untuk istirahat atau menjaga waktu atau pengaturan waktu saat menggunakannya.

Para peneliti memperingatkan tentang bahaya kesehatan negatif yang terkait dengan paparan kebisingan, termasuk risiko gangguan tidur, tingkat stres yang meningkat, dan potensi kerusakan pendengaran.

1 2

Iklan