Beranda Kuliner Bubur Kobong, Referensi Kamus Kuliner Pasar Gebyuran
Kuliner

Bubur Kobong, Referensi Kamus Kuliner Pasar Gebyuran

Bubur Kobong (Foto Makansedap.id)

JAKARTA, Makansedap.id – Abi Sutikno, 57 tahun, alias Mbah Kinoy, ternyata terinspirasi membuat usaha kuliner dari kata kobong. Dia membuka usaha Bubur Kobong, referensi kamus kuliner, di Jalan Pasar Gebyuran, Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten.

Dalam Bahasa Jawa, kobong memiliki arti terbakar. Kobong merupakan sebuah kata dari bahasa Jawa Ngoko Kasar. Bahasa ini banyak digunakan di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ternyata, dari kata kobong, Mbah Kinoy terinspirasi membuat usaha Bubur Kobong, referensi kamus kuliner.

“Kenapa memakai nama kobong agar tujuannya berbeda dan memiliki kesan unik. Bubur Kobong selalu disajikan dalam kondisi panas, hot alias Kobong,” jelas Mbah Kinoy kepada Makansedap.id, Senin, 1 Juli 2024. Dengan nama dan penyajiannya yang unik, Bubur Kobong menjadi referensi kamus kuliner.

Baca Juga:   Kopi Fest Indonesia 2023, Kompetisi Paling Bergengsi di Dunia

Menurut Mbah Kinoy yang selalu memakai blangkon, Bubur Kobong, referensi kamus kuliner, dibuat oleh istri tercinta, Sri Rubinah Rahayu, 51 Tahun. “Dia sudah terbiasa memasak karena memiliki pengalaman membantu jasa katering,” tutur Mbah Kinoy.

Mbah Kinoy yang lahir di Gunung Kidul, 57 tahun lalu itu menjelaskan proses pembuatan bubur sama seperti pembuatan bubur pada umumnya. Namun, dalam proses pembuatannya hanya diberikan bumbu rahasia, termasuk santan dan rempah-rempah.

Halaman: 1 2

Penulis: Rio Winto

Editor: Rio Winto

Sebelumnya

Link Siaran Langsung, Duel 16 Besar Spanyol Kontra Georgia

Selanjutnya

Koleksi Adhikarin, MIWA Pattern Terinspirasi Dewi Sri Asih

makansedap.id