Fusion Food, Tampilan Menarik Kuliner Masa Kini

Fusion Food (Foto Great British Chefs)

JAKARTA, Makansedap.idFusion food menjadi tren dalam dunia kuliner. Makanan masa kini harus muncul dengan tampilan menarik.

Salah satu tren dalam dunia kuliner adalah fusion food, yakni konsep penggabungan bahan atau cara masak lebih dari satu budaya.

Contoh fusion food adalah burger rendang, percampuran makanan Indonesia rendang dengan burger dari Barat.

Desi, 27 tahun, salah seorang karyawati swasta, mengatakan fusion food sangat menarik. “Menurutku sangat menarik, bisa menikmati kuliner lokal yang disajikan berbeda dengan tampilan yang menarik,” ujar Desi kepada Antara di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

Media sosial dan internet mempermudah Desi mencari pilihan fusion food. Desi biasanya tertarik oleh foto-foto makanan dari warung atau restoran yang terpampang di media sosial maupun aplikasi pemesanan makanan.

Beberapa fusion food yang suka dia nikmati antara lain adalah sushi burger yang terbuat dari nasi dan burger rendang. “Iya biasanya lihat dari foto-fotonya kan menarik, lalu mencobanya,” kata Desi.

Hal senada diungkapkan Bambang Susanto, 40 tahun. Menurut dia, makanan tradisional yang digabungkan dengan jenis masakan lainnya justru menambah minat untuk mencobanya.

“Seperti soto, di Indonesia sudah populer banget dan hampir seluruh daerah punya keunikan masing-masing. Soto isi seafood yang baru saya coba,” kata Bambang Susanto.

Baca Juga:   Menikmati Suasana Osaka melalui Sensasi Okonomiyaki

Pria yang akan disapa BS itu mengatakan kreasi menciptakan fusion food dari makanan tradisional itu juga membuka peluang bisnis di dunia kuliner dalam menarik minat konsumennya.

Demikian juga dengan Fitri Susanti, 38 tahun, yang menyebut bahwa referensi terkait kuliner saat ini tidak terbatas sehingga restoran, warung, atau bahkan seseorang bisa melakukan eksperimen makanan di rumah. “Tinggal mencari resep menu di internet, membeli bahan di marketplace, kita bisa coba sendiri masaknya,” ujar Fitri.

Sebagai seorang ibu, Fitri mengaku sering mendapat informasi dari anaknya yang masih remaja terkait menu-menu makanan yang baru. “Steak tempe contohnya, ini menarik banget. Ini makanan tradisional yang diracik dengan bumbu-bumbu ala western,” kata Fitri.

Referensi makanan yang anak muda saat ini, kata Fitri, baik makanan tradisional maupun masakan kekinian lebih banyak dibandingkan orang tuanya. Menurut dia, kreasi makanan atau minuman tradisional ke depan juga akan semakin beragam seiring berkembangnya kuliner di dunia. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan