NOD JumpStart Indonesia Gaungkan Rasa Nusantara di Swiss Coffee Festival 2025
Tim NOD saat memamerkan teknologi kapsul Indonesia di Swiss Coffee Festival 2025.-Makansedap.id-NOD
JAKARTA, Makansedap.id - NOD Smart Capsule Machine, bagian dari ekosistem JumpStart Indonesia, membawa cita rasa Nusantara ke panggung internasional melalui partisipasinya di Swiss.
NOD menjadi satu satunya perusahaan asal Indonesia yang hadir dan memperkenalkan kopi, teh, matcha, cokelat, wedang, dan jamu kepada publik Eropa melalui kehadirannya di Swiss Coffee Festival 2025 pada 22-23 November 2025 di StageOne Zurich Oerlikon yang menarik hingga 10.000 pengunjung dalam dua hari.
Festival ini menghadirkan roaster, pegiat kopi, inovator teknologi, dan penikmat kopi dari berbagai negara. Di tengah dominasi merek global
Kehadiran NOD di festival ini merupakan undangan resmi dari KBRI Bern melalui KADIN Komite Indonesia Swiss, yang melihat potensi NOD sebagai inovasi minuman yang mewakili kreativitas dan keragaman Indonesia di tingkat global.
BACA JUGA:Usaha kuliner Jakarta Didorong untuk Terapkan Bisnis Berkelanjutan
JumpStart Indonesia sebagai ekosistem smart retail berbasis teknologi telah membangun jaringan distribusi mesin otomatis sejak 2019.
Dimulai dari ratusan unit, jaringannya kini berkembang menjadi lebih dari 10.000 mesin yang tersebar di wilayah Jawa hingga Bali. Ekosistem ini mencakup JumpStart Vending Machine untuk kopi, minuman siap konsumsi, dan merchandise, NOD Beverage Capsule Machine, ice cream vending machine, onigiri vending machine, serta cotton candy vending machine yang mampu menghasilkan hingga 40 bentuk gulali.
Infrastruktur ini menjadi fondasi yang memungkinkan NOD. berkembang dan terhubung dengan konsumen di berbagai industri.
Diluncurkan pada akhir 2024, NOD menjadi mesin kapsul pintar pertama dari Indonesia yang mampu menyeduh lebih dari 50 macam minuman dalam satu perangkat.
BACA JUGA:Magical Jungle Proposal, Momen Lamaran di Tengah Hutan Ubud
Ragam minuman tersebut mencakup kopi, teh, matcha, cokelat, wedang, jamu, dan minuman herbal Nusantara lainnya. Selain varian permanen, NOD secara berkala menghadirkan varian musiman dan edisi kolaborasi untuk memperkaya pilihan rasa.
Sejak dirilis, NOD telah mencatat penjualan lebih dari 8.000 unit, tersebar di jaringan perhotelan, perkantoran, pasar retail, serta rumah tangga di berbagai kota besar Indonesia. Kanal penjualannya kini menjangkau marketplace, toko gaya hidup, serta distribution network milik JumpStart.
Selama ajang Swiss Coffee Festival 2025, NOD memperkenalkan 15 varian kapsul yang mewakili kekayaan rasa Nusantara, mulai dari Aceh, Bali, dan Kerinci hingga Papua, serta minuman tradisional seperti Wedang Jahe, Kunyit Asam, Teh Melati Tolak Angin, dan Lemongrass Elixir.
Respons pengunjung pum sangat tinggi. Lebih dari 500 pengunjung mendatangi booth NOD untuk mencoba berbagai varian rasa.