Beranda Gaya Hidup Imbangi Konsumsi Daging dengan Sayur dan Buah
Gaya Hidup

Imbangi Konsumsi Daging dengan Sayur dan Buah

Sayur, daging, dam buah (DOK Kids World Fun)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia, dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM mengatakan, mengonsumsi banyak daging harus diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah.

“Makan daging saat Hari Raya Idul Adha diperbolehkan, namun terkadang orang sudah mengonsumsi makanan tinggi lemak atau tinggi gula sebelumnya. Hal ini yang harus dihindari,” ujar dr Marya dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

Konsumsi daging juga harus memperhatikan asupan makanan yang sebelumnya dikonsumsi.

“Sebaiknya, atur pola makan sehat baik sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Adha. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, gula, garam, atau makanan yang dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti darah tinggi, kolesterol, dan risiko lainnya.” jelas dr Marya.

Baca Juga:   Duet Alexander Skarsgard dan Florence Pugh Bikin The Pack Kian Mencekam

Cara pengolahan daging, kata dr Marya, turut memengaruhi masuknya nutrisi ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, daging harus dimasak dalam jumlah secukupnya dan tidak dipanaskan secara berulang kali.

Menurut dr Marya, pemanasan makanan secara berulang kali dapat membuat nutrisi penting di dalamnya hilang.

“Selain itu, minimalkan jumlah santan agar tidak menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh,” tambah dia.

Dalam mengonsumsi daging, batasan atau jumlah yang dikonsumsi berbeda-beda setiap orangnya. Namun, dr Marya menyarankan untuk mengonsumsi daging hanya seperempat dari isi piring karena daging termasuk dalam protein dan dalam aturan gizi seimbang normalnya berisi seperempat dari isi piring yang dikonsumsi.

Balance dengan sayurnya sebanyak setengah isi piring,” kata dr Marya. (M1)

Sebelumnya

Begini Ciri Khas Daging Tak Layak Konsumsi

Selanjutnya

Erick Thohir Sedih Messi Tidak Hadir ke Indonesia

makansedap.id