Beranda Gaya Hidup Ini Alasan Penting Menanam Pohon
Gaya Hidup

Ini Alasan Penting Menanam Pohon

Chief Growth Officer Jejakin Sudono Salim (dua dari kiri), Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul (ketiga dari kiri), Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara Myrna Asnawati Safitri (dua dari kanan), dan Co Founder & Chief Marketing Officer (CMO) Benih Baik Firdaus Juli (kanan) berdiskusi di sela acara Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara di Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

JAKARTA, Makansedap.id – Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara, Myrna Asnawati Safitri mengatakan, gerakan menanam pohon berdampak positif untuk kesehatan tubuh.

“Semakin banyak pohon yang ditanam, udara menjadi lebih baik, segar, oksigen lebih banyak. Dengan kondisi ini, warga menjadi lebih sehat. Bahkan, masyarakat bisa berolahraga atau santai di ruang terbuka hijau. Masyarakat akan semakin sehat,” ujar Myrna Asnawati Safitri di sela acara Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara di Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Salah satu wilayah yang sedang dibangun dengan konsep hutan, kata Myrna Asnawati Safitri, adalah Kota Hutan IKN Nusantara untuk memulihkan lingkungan yang saat ini banyak terdegradasi. Solusinya adalah menanam pohon.

“Upaya utamanya adalah melakukan reforestasi atau penanaman kembali pohon di lahan-lahan yang ada,” jelas Myrna Asnawati Safitri.

Penanaman pohon kembali, kata Myrna Asnawati Safitri, membutuhkan dukungan publik agar gerakan lingkungan semakin meluas. Gerakan ini pun menjadi momen penting sebagai bentuk kolaborasi seluruh pihak.

“Gerakan menanam pohon ini sekaligus bagian dari upaya partisipasi masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim serta revitalisasi keanekaragaman hayati hutan tropis Kalimantan,” kata Myrna Asnawati Safitri.

Baca Juga:   Sinopsis Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, Romansa Klasik Hitam Putih

Katadata Green, Benih Baik, dan Jejakin bersinergi untuk menjadikan program menanam pohon ini terjamin transparansi dan ketelusurannya, serta berdampak secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Agenda pengumpulan donasi, penanaman pohon, dan pemberdayaan masyarakat akan dikelola oleh Benih Baik. Sedangkan, Jejakin akan terlibat dalam monitoring dampak lingkungan atas program ini. Sementara itu, Katadata Green akan berperan menginformasikan seluruh perkembangan program ini melalui beragam produk komunikasi.

Lokasi penanaman pohon yang dipilih adalah Kelurahan Sepaku menjadi titik yang strategis. Kelurahan ini masuk ke dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sekaligus zona dua kawasan IKN Nusantara. Selain itu, Kelurahan Sepaku memiliki satu dari empat bendungan terbesar di IKN Nusantara yang airnya diambil dari empat sungai di sekitar lokasi. Sehingga, merawat kawasan ini sangat penting karena sekaligus menjaga penyangga sumber air baku di IKN Nusantara. (M1)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Sebelumnya

Terkuak Kunci Timnas Sepak Bola Indonesia Bisa Raih Prestasi

Selanjutnya

Modal Emas dan Perak Bikin Lifter Erwin Percaya Diri

makansedap.id