Ini Pentingnya Periksa Fungsi Ginjal dan Urine Efektif

Ilustrasi penyakit ginjal (Foto Adobe Stock)

JAKARTA, Makansedap.id – Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia atau InaSH mengatakan, pemeriksaan fungsi ginjal dan urine sekaligus menjadi cara efektif untuk mencegah terkena penyakit ginjal kronis.

“Untuk mendeteksi itu gampang, cek kreatinin untuk melihat fungsi ginjal, cek kencing untuk melihat kebocoran apakah ada protein di dalam urine. Kalau normal tidak apa-apa, tidak usah dicek setiap bulan, bisa setahun sekali,” kata Sekretaris Jenderal InaSH, dr Djoko Wibisono, Sp, PD-KGH dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Baca Juga:   Simak Kolaborasi Paten PWI Jaya Berbagi dan BRI Peduli

Dokter yang praktik di RSPAD Gatot Subroto Jakarta itu menjelaskan ketika melakukan pemeriksaan fungsi ginjal, dokter akan memeriksa darah untuk melihat kreatinin dan Laju Filtrasi Glomerulus atau LFG.

Sedangkan, pada pemeriksaan urine dilaksanakan dengan melihat kadar albumin atau protein dengan pemeriksaan Urine Albumin Creatinin Ratio atau UACR untuk melihat adanya kebocoran ginjal. Dia menyarankan pemeriksaan urine dilakukan saat pagi hari.

1 2 3

Iklan