Kenali Gejala Gangguan Mental pada Ibu Melahirkan

Ibu baru melahirkan bisa mengalami gejala baby blues (Foto Halodoc)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Kelompok Staf Medis Kebidanan dan Penyakit Kandungan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta, I Putu Gede Kayika menyampaikan, beban mental dan emosional pada ibu yang baru melahirkan dapat menyebabkan gangguan mental seperti baby blues dan depresi setelah persalinan.

“Seorang ibu yang baru mengalami perubahan proses itu, mengalami gangguan mental atau psikisnya mengalami beban yang bisa mengganggu orang di lingkungan, termasuk anaknya,” jelas I Putu Gede Kayika di sela acara kesehatan melalui daring, Senin, 18 Maret 2024.

Baca Juga:   Begini Dampak Buruk Headphone untuk Kesehatan Anak

“Kondisi gangguan mental ada banyak, salah satunya baby blues, yang tergolong masih ringan. Ada yang lebih berat lagi, yaitu depresi postpartum,” I Putu Gede Kayika menambahkan.

I Putu Gede Kayika menjelaskan, banyak perempuan yang menghadapi tantangan besar dalam mengelola perubahan fisik, mental, dan emosional signifikan setelah melahirkan.

Menurut I Putu Gede Kayika, kondisi yang demikian bisa menimbulkan gangguan mental setelah melahirkan. Gejalanya bisa berupa munculnya perasaan sedih, kecemasan, kebingungan, serta kehilangan minat dalam aktivitas sehari-hari.

1 2 3

Iklan