Koki Qatar Ditantang Makan Ulat Sagu

Hassan Al Ibrahim (kedua dari kiri/DOK Orbit Indonesia

JAKARTA, Makansedap.id – Koki asal Qatar, Hassan Al Ibrahim ditantang memakan ulat sagu yang masih hidup.

Hassan Al Ibrahim datang ke Indonesia dalam rangka Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture. Koki asal Qatar itu memilih tiga daerah untuk dikunjungi, yakni Papua, Medan, dan Bali. Papua menjadi tempat pertama yang dikunjungi koki asal Qatar, Hassan Al Ibrahim.

Saat Hassan Al Ibrahim datang ke Papua langsung diajak melihat proses pembakaran batu yang menjadi tempat memasak sagu bakar. Kemudian, dia melihat proses pengambilan sagu, mulai dari menebang pohon sagu. “Kemudian, sambil menunggu proses penebangan, saya ditantang untuk memakan ulat sagu yang masih hidup,” kata Hassan Al Ibrahim dalam keterangan resmi, Kamis, 22 Juni 2023.

Baca Juga:   Program Culinary Journey Perdalam Pemahaman Budaya Antarnegara

Ulat sagu berasal dari pohon sagu yang dipotong. Kemudian, batangnya dibiarkan membusuk. Batang yang membusuk tersebut akan muncul ulat-ulat. Untuk mengambil ulat-ulat itu, batang sagu tersebut dibongkar atau dibuka dengan kapak. Bentuk ulat sagu bervariasi, ada yang sangat kecil hingga yang paling besar seukuran jempol jari tangan orang dewasa.

“Memakan ulat sagu ini benar-benar pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya,” kata Hassan Al Ibrahim.

Tantangan tersebut membuat Hassan Al Ibrahim kaget. Sebab, seumur hidup dia baru mencoba di Papua.

“Meskipun baru pengalaman pertama, saya bisa merasakan manis, gurih dan ada tekstur kenyal, namun bisa dibilang enak,” tutur Hassan Al Ibrahim. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan