HOUSTON, Makansedap.id – Badai geomagnetik langka dan kuat pada akhir pekan ini dapat memicu pemadaman listrik di seluruh dunia. Demikian penjelasan Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional atau NOAA Amerika Serikat.

NOAA Amerika Serikat mendeteksi kemunculan badai geomagnetik dengan kekuatan besar, atau skala tertinggi G5, Jumat, 10 Mei 2024. Kondisi itu diperkirakan berlangsung sepanjang akhir pekan.

Para pejabat NOAA mengatakan, pihaknya belum pernah mengeluarkan peringatan sebesar ini selama lebih dari dua dekade. Badai G5 terakhir terjadi pada Oktober 2003.

Baca Juga:   Cuaca Dingin Jadi Tantangan Timnas U23 Indonesia di Prancis

Badai geomagnetik dipicu oleh letupan massa korona matahari, yaitu lontaran besar partikel bermuatan listrik dan plasma ke luar angkasa. Ketika menghantam medan magnet bumi, partikel itu menyebabkan gangguan sementara pada magnetosfer bumi, yang kemudian memicu badai geomagnetik.

Para ilmuwan mengatakan badai geomagnetik yang dahsyat dapat mematikan listrik dan peralatan elektronik di seluruh dunia. Badai serupa pada 2003 memadamkan listrik di Swedia dan merusak trafo-trafo di Afrika Selatan.

1 2

Iklan