Beranda Kesehatan Mengenal Penyebab dan Dampak Buruk Radikal Bebas
Kesehatan

Mengenal Penyebab dan Dampak Buruk Radikal Bebas

(Dari kiri ke kanan) dr Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS MMC Jakarta, Robertus Parulian Purba, Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals, dan Surya Saputra, aktor sekaligus health enthusiast dalam sebuah diskusi tentang cara yang tepat melawan radikal bebas. (Foto KALBE Nutritionals)

JAKARTA, Makansedap.id – Radikal bebas perlu diwaspadai. Sebab, radikal bebas adalah bagian dari proses alami di dalam tubuh dan bisa juga berasal dari luar tubuh.

“Sumber radikal bebas di luar tubuh antara lain polusi udara, asap rokok, sinar UV dari matahari, serta makanan yang kurang sehat. Ketika kadar radikal bebas seimbang dengan antioksidan, tidak menyebabkan bahaya. Namun, jika kadar radikal bebas melebihi kapasitas tubuh menanganinya, kerusakan bisa terjadi,” kata dr Raissa E Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS MMC Jakarta, melalui keterangan resmi yang diterima Makansedap.id, Senin, 8 Juli 2024.

Baca Juga:   Begini Cara B’Brothers Indonesia MC Berbagi untuk Anak Yatim

Ketika tubuh menggunakan oksigen dalam berbagai proses metabolisme, sekitar 1-2% sel menjadi rusak dan berubah menjadi radikal bebas. Radikal bebas adalah sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif. Disebut bebas karena mereka kehilangan molekul penting dan ketika menempel pada molekul lain yang sehat, dapat merusak sel bahkan DNA, yang kemudian dapat memicu timbulnya penyakit.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Jadwal Semifinal, Spanyol Vs Prancis, Belanda Jumpa Inggris

Selanjutnya

Cara Menangkal Radikal Bebas, Simak Penjelasan Dokter

makansedap.id