Menu Kuliner Sagu Papua Dilirik Qatar

Papeda (DOK Makanan Indonesia)

JAYAPURA, Makansedap.idQatar-Indonesia 2023 Year of Culture memilih tiga daerah untuk dikunjungi, yakni Papua, Medan, dan Bali. Papua menjadi tempat pertama yang dikunjungi koki asal Qatar, Hassan Al Ibrahim.

Koki asal Qatar dikenalkan berbagai macam jenis kuliner Bumi Cenderawasih. Kuliner yang ada di Papua, yakni sinole, papeda, kopi, dan beberapa jenis umbi-umbian. Tidak hanya itu, koki asal Qatar, Hassan Al Ibrahim juga dikenalkan cara membuat sagu menjadi papeda yang merupakan makanan asli penduduk setempat.

Menu asli Papua ini biasanya disajikan dengan cara sederhana. Koki asal Qatar baru mengetahui tungku batu adalah salah satu cara memasak dengan memanaskan batu sampai kurang lebih dua jam untuk kemudian meletakkan bahan makanan, mulai dari daging babi, umbi-umbian, dan berbagai jenis sayur lainnya.

Baca Juga:   Sambut Ramadan, Royale Krakatau Hotel Siapkan Arabic Night

Kuliner Papua memiliki dasar dan teknik sederhana yang hampir sama di semua wilayah setempat. Rerata teknik bakar dan pengasapan dengan tidak menggunakan minyak serta hanya sedikit garam.

“Pada kunjungan ke Papua, saya mengunjungi Kampung Skouw Sae, yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Tempat tersebut dekat perbatasan Indonesia-Papua Nugini,” kata Hassan Al Ibrahim, Kamis, 22 Juni 2023.

“Saat datang, saya disambut dengan Tari Wiru yang merupakan tarian penjemputan tamu, lalu diantar ke tempat pertemuan,” ujar Hassan Al Ibrahim. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan