Orang dengan Satu Ginjal Masih Bisa Hidup Normal

Illustrasi seseorang mengalami sakit ginjal (Foto Hermina Hospitals)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo atau RSCM, dr Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, FINASIM mengatakan orang dengan satu ginjal dapat hidup normal, walaupun dengan catatan.

“Orang dengan satu ginjal yang sehat bisa hidup seperti orang normal, namun, memang jelas, ya, karena jumlah ginjal tadinya dua, tinggal satu, akan terjadi penurunan fungsi ginjal,” kata dr Pringgodigdo, di sela gelar wicara daring, Senin, 11 Desember 2023.

Banyak orang yang hanya memiliki satu ginjal, kata dr Pringgodigdo, seperti pendonor yang memberikan satu ginjalnya kepada orang yang membutuhkan, orang dengan satu ginjal karena bawaan lahir, atau operasi pengangkatan ginjal karena kondisi medis.

Baca Juga:   Pemerintah Siapkan Strategi Cegah Diabetes pada Anak

Orang dengan satu ginjal, kata dr Pringgodigdo, akan mengalami penurunan fungsi ginjal, umumnya menjadi sekitar 50%. Meski hanya separuhnya, orang dengan satu ginjal masih dapat hidup dan beraktivitas seperti biasa dengan normal.

Menurut dr Pringgodigdo, ginjal yang tersisa akan secara otomatis memberikan kompensasi pada tubuh dan akan meningkatkan fungsinya di atas 50%.

1 2

Iklan