Pengawasan Sekolah Lemah, Rawan Perundungan Anak

Perundungan pada Anak (Foto GreatSchools)

JAKARTA, Makansedap.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI menekankan, pentingnya sistem pencegahan dan pengawasan dari satuan pendidikan yang mampu mendeteksi secara dini adanya kelompok-kelompok anak yang berpotensi berperilaku negatif, termasuk perundungan.

“Kami melihat lemahnya sistem pencegahan dan pengawasan dari satuan pendidikan, sehingga tidak mampu melakukan deteksi dini terkait kelompok di sekolah. Akibatnya, kelompok ini memengaruhi temannya untuk berperilaku negatif dengan mengajak bergabung teman yang lain, dan melakukan perundungan kepada teman lainnya,” kata anggota KPAI, Aris Adi Leksono dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Rabu, 21 Februari 2024.

Hal ini dikatakan Aris Adi Leksono menanggapi kasus perundungan terhadap siswa yang terjadi di sekolah internasional di Tangerang Selatan, Banten. Salah satu pelaku diduga anak dari artis berinisial VR.

Baca Juga:   IAS Resmikan Posko Gabungan Nasional, Mudik Pun Aman

Menurut Aris Adi Leksono, perundungan masih sering terjadi di sekolah karena satuan pendidikan masih belum memahami bahwa selain fungsi pembelajaran, sekolah juga harus menjalankan fungsi perlindungan.

“Edukasi, sosialisasi, penguatan sistem pencegahan, dan penanganan pada satuan pendidikan masih belum maksimal. Rutinitas target kurikulum hanya pada capaian pengetahuan dan keterampilan, tetapi pada ranah sikap dan karakter anak masih belum mendapatkan perhatian serius,” kata Aris Adi Leksono.

1 2

Iklan