Beranda Kesehatan Pentingnya Cara Bijak Menggunakan Lensa Kontak
Kesehatan

Pentingnya Cara Bijak Menggunakan Lensa Kontak

Pentingnya Cara Bijak Menggunakan Lensa Kontak (Foto Optik Tunggal)

JAKARTA, Makansedap.id – Penggunaan lensa kontak tidak bisa dipandang sebelah mata. Pengetahuan dan perilaku yang bijak dan baik menjadi kunci utama untuk mendukung penggunaan lensa kontak dengan aman serta nyaman.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, tingkat ketidakpatuhan dalam penggunaan lensa kontak berkisar antara 50% hingga 91%. Tingkat ketidakpatuhan seperti ini meningkatkan risiko terjadinya berbagai komplikasi, mulai dari yang ringan hingga yang dapat berujung pada kehilangan penglihatan.

“Oleh karena itu, perlu memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan lensa kontak dan menerapkan perilaku yang benar sangat penting. Pengetahuan dan perilaku yang baik bukan hanya kunci untuk mendapatkan kenyamanan menggunakan lensa kontak, tetapi juga merupakan langkah preventif dalam menghindari komplikasi yang mungkin terjadi,” kata dr Rina La Distia, Sp.M (K) PhD, dokter spesialis mata di RSCM dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Minggu, 28 Januari 2024.

Baca Juga:   Ini Stuktur Pengurus PWI Jaya 2024-2029, Simak Penjelasan Kesit

Salah satu aspek penting, kata dr Rina La Distia, adalah pemilihan jenis lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mata kita. Lensa kontak adalah lempengan plastik tipis transparan yang digunakan pada kedua mata untuk meningkatkan fungsi penglihatan penderita gangguan penglihatan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan lensa kontak juga dikembangkan untuk kepentingan kosmetik.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Giliran Timnas Indonesia Akhiri Perjalanan di Piala Asia 2023

Selanjutnya

Ini Gerai Ramah Lingkungan Pertama Starbucks di Indonesia

makansedap.id