Cermati Tren Belanja Online dan Industri Kopi Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia
Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Susamto -Makansedap.id-Tokopedia
JAKARTA, Makansedap.id - Antusiasme masyarakat terhadap produk kopi masih dinilai sangat tinggi. Di Tokopedia, penjualan produk kopi secara keseluruhan saat Promo Guncang 10.10 pada 2024 lalu, pada bulan yang sama dengan Hari kopi Sedunia, meningkat hampir 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan harian.
Sedangkan, penjualan biji kopi excelsa naik hampir 3 kali lipat saat Promo Guncang 10.10 pada 2024 lalu.
Beberapa daerah pun mengalami kenaikan tertinggi dari segi jumlah transaksi produk biji kopi secara keseluruhan lewat Tokopedia selama semester II 2024, antara lain, Riau, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Kepulauan Riau, dan Bali.
Sedangkan khusus untuk biji kopi excelsa, Tokopedia mencatat beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Riau, dan Sulawesi Selatan, mengalami rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2 kali lipat.
BACA JUGA:Manfaat Digitalisasi Industri Kopi untuk Pertumbuhan UMKM di Indonesia
Sedangkan di ShopTokopedia, penjualan produk kopi secara keseluruhan selama semester II 2024 meningkat hampir 2 kali lipat. Selain itu, jumlah penjual kopi yang memiliki penghasilan lewat ShopTokopedia naik lebih dari 40%.
Beberapa wilayah mencatat peningkatan tertinggi dalam transaksi produk kopi di ShopTokopedia, termasuk seluruh Pulau Jawa, Bengkulu, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Bali dengan kenaikan rata-rata hampir 1,5 kali lipat selama semester II 2024.
Menariknya, wilayah Yogyakarta mencatat kenaikan transaksi hingga 3 kali lipat untuk pembelian biji kopi excelsa lewat ShopTokopedia pada periode yang sama dibandingkan semester sebelumnya.
“ShopTokopedia juga melihat fitur live shopping sangat berdampak pada penjualan produk kopi, ini terbukti dari kenaikan penjualan produk kopi yang meningkat lebih dari 25 kali lipat saat penjual melakukan live shopping sepanjang semester II 2024 dibandingkan periode sebelumnya. Temuan ini semakin memperkuat alasan kami untuk terus menggencarkan inisiatif #SatuDalamKopi untuk mendukung industri lokal kopi,” tutur Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Susamto dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Minggu, 2 Maret 2025.