Beranda Kesehatan Terapi Sekretom Bantu Atasi Masalah Kebotakan
Kesehatan

Terapi Sekretom Bantu Atasi Masalah Kebotakan

Terapi Sekretom (Foto Antaranews.com)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika Prof Dr dr Lili Legiawati, Sp.D.V.E., Subsp.D.K.E menyampaikan, terapi sekretom bisa membantu mengatasi kebotakan.

Prof Lili Legiawati yang juga menjadi anggota Kelompok Staf Medis Departemen Dermatologi dan Venereologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo ​​​​Jakarta itu menjelaskan, sekretom adalah turunan dari sel punca yang dihasilkan dari proses kultur sel yang memiliki faktor pertumbuhan.

“Di dalam sekretom ini ternyata diketahui mengandung banyak sekali berbagai faktor-faktor pertumbuhan, salah satunya pertumbuhan rambut,” kata Prof Lili Legiawati dalam sebuah sesi diskusi via daring, Rabu, 13 Maret 2024.

Baca Juga:   Ini Alasan Tidak Semua Kasus Radang Amandel Perlu Operasi

“Jadi, salah satu potensi yang sangat besar penggunaan terapi sekretom ini bisa merancang sel punca yang ada di rambut untuk menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih optimal,” Prof Lili Legiawati menambahkan.

Prof Lili Legiawati menjelaskan, terapi sekretom dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai jenis kebotakan, umumnya dalam kategori tanpa jaringan parut.

Menurut Prof Lili Legiawati, terapi sekretom aman bagi pasien, tidak menimbulkan efek samping berbahaya dalam jangka panjang, serta memiliki efektivitas lebih baik untuk pemulihan pertumbuhan rambut.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Kalbe Komitmen Jadi yang Terdepan Menuju Indonesia 4.0

Selanjutnya

Bintang Film Star Wars Menikmati Ramadan di Tasikmalaya

makansedap.id