Beranda Gaya Hidup Terungkap Sudah Penyebab Kanker Kepala dan Leher
Gaya Hidup

Terungkap Sudah Penyebab Kanker Kepala dan Leher

Ilustrasi kanker kepala dan paru (Foto CISC)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis bedah onkologi (kanker) dan doktor Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Diani Kartini, SpB(K)Onk menyebut 75% hingga 85% kasus kanker kepala dan leher disebabkan dari penggunaan tembakau.

Penggunaan tembakau tersebut termasuk dalam bentuk merokok linting, cerutu, pipa, bahkan mengonsumsi tembakau kunyah secara rutin.

“Tembakau adalah faktor risiko paling besar untuk kanker kepala dan leher, termasuk kebersihan mulut,” ujar dr Diani di sela diskusi daring RS Medistra, Jumat, 25 Agustus 2023.

Baca Juga:   Waduh, Boris Bokir Malah Kaget Jadi Pemenang di FFWI 2022

Menurut dr Diani, kanker kepala dan leher adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kanker yang berkembang di mulut, tenggorokan, hidung, kelenjar ludah, atau area lain di kepala dan leher. Tembakau menjadi penyebabnya.

Kanker ini biasanya muncul di sel skuamosa yang melapisi mulut, tenggorokan (faring), dan kotak suara (laring). Lokasinya yang terletak di saluran pernapasan, kanker kepala dan leher serta efek samping pengobatannya dapat mengganggu kemampuan penderitanya untuk makan, menelan, dan bernapas.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Begini Cara Mengangkat Pariwisata Banyuwangi lewat Tour of Kemala

Selanjutnya

Indonesia Kontra Vietnam, Muhammad Ferarri Optimistis Juarai Final Piala AFF U23

makansedap.id