JAKARTA, Makansedap.id – Guru Besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr Tjandra Yoga Aditama mengingatkan bahaya ancaman penyakit leptospirosis akibat bakteri Leptospira perlu diwaspadai selama musim pancaroba.

Melalui pesan elektroniknya, Sabtu, 4 November 2023, Prof Dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan, penyakit ini ditularkan melalui kotoran dan air kencing tikus. Sementara, pada musim hujan, terutama saat terjadi banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri.

Prof Dr Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, tikus-tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia, sehingga kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir.

“Seseorang yang memiliki luka, kemudian bermain atau terendam air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran dan kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, berpotensi terinfeksi dan akan jatuh sakit,” tulis Prof Dr Tjandra Yoga Aditama.

Baca Juga:   Simak Upaya Slank Ubah Lagu Catatan Si Boy Jadi Genre Rock

Prof Dr Tjandra Yoga Aditama yang juga menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu memberikan kiat mengantisipasi penyakit leptospirosis yakni menjaga kebersihan agar tak ada tikus berkeliaran, tidak bermain air saat banjir, terutama jika memiliki luka.

Langkah lainnya, kata Prof Dr Tjandra Yoga Aditama, memakai pelindung seperti sepatu jika terpaksa harus ke daerah banjir dan segera berobat ke sarana kesehatan apabila sakit dengan gejala panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil.

1 2 3

Iklan