Ini Cara Kurangi Dampak Benjolan di Depan Telinga

Ilustrasi benjolan di depan telinga (Foto Live Science)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala dan leher RS Cipto Mangunkusumo, dr Ayu Astria Sriyana, SpTHTBKL, Subsp.oto(K) memberikan sejumlah saran yang bisa dilakukan oleh penderita benjolan di depan telinga. Tujuannya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

“Kalau yang sifatnya infeksi mungkin memang faktor risikonya adalah infeksi atau daya tahan tubuh kita yang menurun. Jadi memang perbanyak konsumsi makanan yang sehat,” ujar dr Ayu Astria Sriyana dalam diskusi daring tentang benjolan yang muncul di depan telinga, Kamis, 29 Februari 2024.

Sebagian besar benjolan yang muncul pada tubuh, kata dr Ayu Astria Sriyana, bersifat idiopatik. Artinya, faktor risiko tidak selalu jelas. Untuk benjolan yang berkaitan dengan infeksi, penguatan sistem imun sangat penting.

Baca Juga:   DPR Desak PSSI Perbaiki Kualitas Wasit Liga Indonesia

Menjaga pola makan sehat, mengonsumsi nutrisi yang cukup, dan menghindari faktor-faktor yang dapat menurunkan sistem imun merupakan langkah yang bisa dilakukan.

Dalam konteks pencegahan tumor, baik ganas maupun jinak, dr Ayu Astria Sriyana menyarankan untuk menghindari hal-hal yang terkait dengan bahan karsinogenik seperti rokok.

Infeksi kronis di sekitar telinga yang tidak diobati, kata dr Ayu Astria Sriyana, dapat menyebabkan perubahan jaringan, bertransformasi menjadi sel ganas, dan pada akhirnya menimbulkan benjolan di area depan telinga.

1 2

Iklan