Ini Dampak Konflik Israel Kontra Palestina untuk Olimpiade Paris

Jelang Olimpiade Paris 2024 (Foto US Olympics & Paralympic Museum)

JAKARTA, Makansedap.id – Perang Rusia versus Ukraina dan konflik Israel kontra Palestina berdampak bagi pelaksanaan Olimpiade Paris, 26 Juli-11 Agustus 2024.

Persoalan politik yang membuat Prancis was-was adalah sentimen global akibat Perang Rusia versus Ukraina dan Konflik Israel kontra Palestina di Jalur Gaza.

Perang Rusia versus Ukraina membuat penyelenggara Olimpiade Paris dan IOC serta badan-badan olah raga global tergerak untuk menutup pintu bagi Rusia dan Belarus yang dianggap biang keladi perang di Ukraina.

Sebagai bagian dari tekanan global kepada Rusia untuk mengakhiri invasi di Ukraina, IOC lalu melarang Rusia dan Belarus mengikuti Olimpiade 2024, kecuali dalam status netral, atlet-atlet kedua negara masih boleh berkompetisi tapi tidak mewakili negara mereka.

Baca Juga:   Ini Alasan Sinar Mas Dukung Timnas Pakai Kostum Dalam Negeri

Beberapa bulan sebelum Olimpiade Paris mulai, perang Rusia versus Ukraina memang sudah menjadi persoalan terbesar yang dihadapi Prancis dan IOC.

Kondisi itu semakin pelik setelah pecah perang lain di Timur Tengah, tepatnya Jalur Gaza, antara Israel dan Palestina, khususnya Hamas.

1 2

Iklan