Ini Rahasia Diet Nabati Bisa Kurangi Gangguan Tidur

Ilustrasi Gangguan Tidur (Foto Smile Hot Springs)

JAKARTA, Makansedap.id – Penurunan berat badan dan olahraga seringkali disarankan sebagai pendekatan umum untuk mengobati sleep apnea atau gangguan tidur yang berpotensi serius yang menunjukkan gejala seperti mendengkur keras.

Namun, sebuah studi baru menemukan, selain dari pembatasan kalori dan penurunan berat badan, diet individu juga dapat memainkan peran dalam memengaruhi risiko gangguan tidur.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal ERJ Open Research, orang yang mengonsumsi diet nabati sehat yang kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan memiliki 19% kemungkinan lebih rendah untuk mengalami gangguan tidur dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi diet yang tidak sehat.

Baca Juga:   Sinopsis Siksa Kubur, Konsekuensi Tak Percaya Agama

“Hasil ini menyoroti pentingnya kualitas diet kita dalam mengelola risiko obstructive sleep apnea atau OSA,” kata peneliti utama, Yohannes Melaku, seperti dikutip dari Medical Daily, Jumat, 23 Februari 2024.

Sleep apnea menyebabkan gangguan pernapasan yang sering selama tidur, mengakibatkan gejala seperti mendengkur, kelelahan, kantuk siang hari, mudah tersinggung, dan kadang-kadang, insomnia. Lebih dari 30 juta orang dewasa di Amerika Serikat menderita gangguan tidur.

1 2 3

Iklan