Persiapkan Fisik dan Mental Anak untuk Kembali Masuk Sekolah

Persiapan Mental dan Fisik Anak (Foto News Medical)

JAKARTA, Makansedap.id – Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, Kasandra Putranto menyebut mempersiapkan anak untuk masuk sekolah setelah libur panjang harus dibangun ketahanan fisik dan mental yang dibentuk sejak dini.

“Persiapan yang dimaksud tidak bisa hanya sebelum lebaran tetapi harus sejak dini membangun ketahanan fisik dan mental,” kata Kasandra Putranto dalam wawancara tertulis dengan Antara, Minggu, 14 April 2024.

Membangun ketahanan fisik dan mental, kata Kasandra Putranto, perlu agar anak siap untuk menghadapi kegiatan sekolah setelah libur panjang saat Hari Raya Idul Fitri.

Dalam upaya membangun fisik dan mental, anak juga perlu dibangun kebiasaan, sifat disiplin, meningkatkan motivasi belajar yang tinggi serta tanggung jawab, harus dibangun sejak dini agar anak selalu siap menghadapi masa sekolah.

Baca Juga:   Utut Adianto Tutup Turnamen Catur Ramadhan Cup

Kasandra Putranto mengatakan, jika kompetensi tersebut telah dibangun sejak dini, orang tua tidak akan kesulitan untuk menyemangati anak kembali bersekolah. Sebab, di dalam dirinya sudah tertanam rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.

“Jika semua kompetensi sudah terbentuk sejak dini, kalimat afirmasi yang diberikan bisa lebih sedikit dan tidak perlu bersusah payah,” tulis Kasandra Putranto.

1 2

Iklan