Bahaya, 72% Masyarakat Indonesia Belum Peduli terhadap Persoalan Sampah Plastik

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar mengatakan, 72% masyarakat Indonesia belum peduli terhadap persoalan sampah plastik. (Foto International Institute for Sustainable Development)

JAKARTA, Makansedap.id – Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar mengatakan, 72% masyarakat Indonesia belum peduli terhadap persoalan sampah plastik.

“Kurangnya kesadaran masyarakat ini harus terus dibantu oleh seluruh pihak agar masyarakat semakin teredukasi terkait bagaimana mengelola sampah plastic dengan baik dan benar,” kata Novrizal dalam dalam The SDGs National Seminar Series yang digelar Bakrie Center Foundation dengan topik Implementasi Multisektoral dalam Regulasi Penanganan Sampah Plastik di Indonesia yang diselenggarakan secara daring, Selasa, 1 November 2022.

Baca Juga:   Ini Bocoran Kolaborasi Musik NKOTB dengan Seventeen

Penanganan sampah plastik di Indonesia saat ini, kata Novrizal, dihadapkan pada persoalan struktural dan kelembagaan. Pengelolaan sampah tidak menjadi urusan prioritas bagi pemerintah daerah.

Anggaran pengelolaan sampah di daerah, kata Novrizal, tidak memadai, rata-rata 41-42% sampah di Indonesia masih diangkut dan ditimbun di landfill, serta investasi sanitary landfill tidak menarik bagi daerah. Namun dari beberapa tantangan tersebut, kerja sama dan kolaborasi harus terus dilakukan untuk mendorong ke arah yang lebih baik.

Komentar

3 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan