Begini Kunci Keberhasilan Mudik Sehat dan Aman

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Edo Rusyanto (kiri) memandu diskusi Merajut Kebersamaan Lewat Mudik Sehat di Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024. Acara itu juga dihadiri Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Kemenhub, Iswandi Putra (kanan) dan Training Director sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu (tengah). (Rio Winto/Makansedap.id)

JAKARTA, Makansedap.id – Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik tahun ini melonjak 56% menjadi 193,6 juta dari tahun lalu 124 juta.

Artinya, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub tidak bisa bekerja sendirian dalam menangani kegiatan mudik. Kemenhub perlu berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti Polri, Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri, pemda, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BUMN, hingga swasta.

Dengan begini, diharapkan arus mudik dan balik bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman serta jumlah kecelakaan bisa ditekan. Pada musim mudik Lebaran 2023, korban luka berat mencapai 186 orang, sedangkan korban meninggal 189 orang.

Baca Juga:   Tips Hindari Penipu Online di Musim Liburan

Dari sisi pemudik, mereka juga perlu mempersiapkan perjalanan dengan baik saat mudik. Ada tiga poin penting yang perlu diperhatikan, yakni aspek kendaraan, pengemudi, dan manajemen perjalanan.

Hal ini mencuat dalam diskusi Merajut Kebersamaan Lewat Mudik Sehat yang digelar Jaringan Aksi Keselamatan Jalan atau Jarak Aman di Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

1 2 3

Iklan