Begini Penjelasan Pakar Komunikasi tentang Peran Sentral Kuliner

Pakar komunikasi massa dari LSPR Communication & Business Institute Prof Dr Rudy Harjanto MSn (Foto INAnews)

JAKARTA, Makansedap.id – Pakar komunikasi massa dari LSPR Communication & Business Institute, Prof Dr Rudy Harjanto MSn mengatakan, peran sentral kuliner dalam membentuk identitas lokal dan nasional.

“Tradisi lokal, bahan-bahan lokal, dan nilai-nilai budaya tertanam dalam setiap hidangan, menciptakan jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan akar budaya mereka. Peran sentral kuliner sangat kuat dalam membentuk identitas nasional,” ujar Prof Rudy di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023.

Peran sentral kuliner juga berperan sebagai medium yang efektif dalam memperkenalkan budaya suatu negara kepada dunia.

Baca Juga:   Kalah dari Korsel, Pengamat Tetap Puji Performa Timnas U17

Pelestarian dan penghormatan terhadap kuliner tradisional, kata Prof Rudy, adalah langkah penting dalam menjaga identitas lokal dan nasional yang unik dan berharga di era globalisasi.

“Makanan adalah cerminan dari kebudayaan suatu bangsa atau daerah. Melalui makanan, kita bisa memahami sejarah, nilai-nilai, dan tradisi suatu komunitas. Makanan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan berbagai kelompok etnis dan budaya, sehingga komunikasi massa berperan dalam memupuk pemahaman lintas budaya,” jelas Prof Rudy.

1 2 3

Iklan