Dongkrak Prestasi, PBSI Fokus Perbaiki Sport Science

Sekjen PP PBSI, M Fadil Imran (Foto Jawapos.com)

JAKARTA, Makansedap.id – Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia atau PP PBSI fokus memperbaiki sport science atau inovasi pengembangan prestasi berbasis data guna mendongkrak prestasi atlet di ajang internasional.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, M Fadil Imran mengatakan selain di All England Open 2024, tim bulu tangkis Indonesia juga menuai hasil optimal di Orleans Masters dan Vietnam International Challenge yang digelar pada waktu yang bersamaan. Karena itu, perbaikan aspek nonteknis seperti sport science harus dilakukan secara terus-menerus.

“Dari All England, Orleans, dan Vietnam sudah terbaca pekerjaan rumah kami. Kami harus memperbaiki aspek nonteknis dan serius dalam pengembangan lebih lanjut di sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran,” kata M Fadil Imran dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 18 Maret 2024.

Baca Juga:   Terbukti Doping, Pogba Dilarang Main 4 Tahun

Menurut M Fadil Imran, semua hasil dalam ajang itu merupakan implementasi dari strategi Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI, yakni fokus pada perbaikan peringkat atlet, serta inovasi melalui penerapan sport science dan tailor-made program.

Penerapan inovasi itu dijalankan dengan melakukan analisa performa yang dibantu teknologi video tagging dan data base, pembuatan profil performa atlet yang terukur secara kuantitatif, serta pelibatan pendekatan psikologi olahraga dalam latihan.

1 2

Iklan