Fisik Rehan yang Tidak Atletis Jadi Viral di Medsos

Dokter gizi mengungkap kondisi fisik Rehan Naufal Kusharjanto (Foto YouTube Superskor)

JAKARTA, Makansedap.id – Fisik pemain ganda campuran tanah air, Rehan Naufal Kusharjanto yang tidak atletis menjadi viral di media sosial atau medsos.

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia atau PP PBSI melalui dokter gizi dr Paulina Toding, Sp.GK angkat bicara terkait dengan bentuk tubuh Rehan Naufal Kusharjanto yang tidak atletis sehingga menjadi viral di medsos.

Menurut dr Paulina, setiap atlet penghuni Pelatnas PBSI dipastikan dalam standar yang sesuai dan mendapat pengawasan ketat dari segi asupan makanan, gizi, hingga porsi latihan. Karena itu, bentuk tubuh Rehan Naufal Kusharjanto yang tidak atletis menjadi viral di medsos.

“Standar indeks massa lemak tubuh untuk atlet putra 10-18, dan 18-26 untuk atlet putri. Ini merupakan standar massa lemak di dalam tubuh. Kalau kurang dari angka itu, biasanya akan ada perlakuan khusus, seperti menu tambahan dengan minum susu bagi atlet,” ungkap dr Paulina melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Rabu, 13 September 2023.

Rehan Naufal Kusharjanto yang berpasangan dengan Lisa Ayu Kusumawati menjadi sorotan setelah bentuk perutnya terekspos usai bertanding dalam China Open 2023 di Changzhou, pekan lalu.

Dalam sesi wawancara yang dilakukan kepada Federasi Badminton Dunia tersebut, Rehan Naufal Kusharjanto terlihat mengusap wajahnya menggunakan bagian bawah kaosnya sehingga bagian perutnya yang buncit pun terlihat.

Baca Juga:   Ini Komitmen KOI dan PBSI Jaga Performa Atlet hingga Olimpiade

Hal tersebut menjadi pembicaraan di kalangan penggemar. Sebab, bentuk perut sang atlet dinilai tidak proporsional. Apalagi, dalam turnamen berkategori BWF Super 1.000 tersebut, Rehan Naufal Kusharjanto dan Lisa langsung tersingkir pada babak pertama sehingga muncul opini bahwa performa yang buruk itu dipengaruhi kondisi fisik sang atlet.

“Saat Rehan Naufal Kusharjanto mau berangkat ke turnamen China Open, indeks massa lemak di tubuhnya saat kami ukur hasilnya memang normal, walaupun mepet ke batas atas,” papar dr Paulina.

Setelah ramai diperbincangkan oleh penggemar, tim dokter Pelatnas PBSI pun bergerak cepat dan memeriksa kembali proporsi kondisi fisik dan kesehatan dari Rehan Naufal Kusharjanto.

“Untuk Rehan Naufal Kusharjanto pada saat kembali ke pelatnas, tentu dia kembali kami cek berapa berat badannya, termasuk massa lemak dan otot tubuhnya. Lalu akan mendapat menu khusus, serta kami pantau perkembangannya agar berat badan dan massa lemaknya kembali berada di kisaran normal,” ungkap dr Paulina. (M1)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan