JAKARTA, Makansedap.id – Ketua tim Pusaka Rasa Nusantara, Meilati Batubara mengatakan, hasil temuan tim dokumentasi Pusaka Rasa Nusantara memperlihatkan ada hubungan timbal balik antara kuliner dan alam. Resep tradisional bisa hilang karena bahan alamnya sudah tidak ada akibat perubahan alam.

“Ada resep kuliner yang diubah karena lingkungan alam berubah sudah banyak bahan baku yang hilang. Sebaliknya, ada juga lingkungan terjaga karena menjaga resep misalnya tengkawang atau jamur pelawan, masyarakat membatasi wilayah jadi hutan lindung untuk melindungi bahan tertentu,” kata Meilati Batubara di sela Festival Merayakan Gastronomi Indonesia di Jakarta, dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Kamis, 1 Februari 2024.

Baca Juga:   Kenali Peran Penting Ayah dalam Keluarga

Dalam menjaga resep asli daerahnya, kata Meilati Batubara, beberapa suku memiliki aturan adat untuk menjaga bahan baku makanan atau kuliner sehingga mereka tahu batasan penggunaan bahan makanan dan kapan harus istirahat agar alam tidak terlalu tereksploitasi.

Meilati Batubara menjelaskan masalah kuliner dan alam di sela Festival Merayakan Gastronomi Indonesia. Dalam Festival Merayakan Gastronomi Indonesia dimeriahkan dengan gelar wicara dengan berbagai macam tema, mulai dari budaya, lingkungan, bahkan kewirausahaan, serta menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, seperti pemerintah, aktivis, budayawan, koki, sampai dengan selebritas tanah air.

1 2

Iklan