Ini Penjelasan Maizan Dianati tentang Perilaku Ibu Bahagia

Ibu yang bahagia mampu memberikan pengasuhan dengan baik (Foto The Pioneer Woman)

JAKARTA, Makansedap.id – Terapis perilaku, Maizan Dianati, SPsi, M.Sc, dari Universitas Padjajaran mengatakan, kebahagiaan ibu dan anak saling berkaitan. Sebab, ibu bahagia lebih mampu memberikan pengasuhan yang baik bagi anak. Dampaknya, anak pun akan lebih bahagia.

“Saat ibu bahagia, dia akan lebih emotional available, lebih melekat dengan anak, dan lebih mampu menghadapi masalah dengan tenang, Hal ini dapat berdampak terhadap pengasuhan,” kata Maizan Dianati dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Maizan Dianati menjelaskan, ibu yang tidak bahagia akan lebih mudah stres, cemas, dan marah. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap pengasuhan. Misalnya, ibu menjadi kurang sabar, mudah marah, dan tidak responsif terhadap kebutuhan anak. Jadi, ibu bahagia berdampak positif bagi pengasuhan anak.

Baca Juga:   Dian Sastro Ungkap Pentingnya Dukungan untuk Anak Perempuan

Oleh karena itu, menurut Maizan Dianati, penting bagi seorang ibu bahagia untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ibu bahagia bisa melakukan hobi, berolahraga, atau merenung tanpa gangguan.

“Memiliki Me Time adalah hak dari setiap ibu. Ketika ibu bahagia atau memiliki kondisi mental yang baik, anak pun dapat turut merasa bahagia dan mengeluarkan semua potensi yang dimilikinya secara maksimal,” ujar Maizan Dianati.

1 2 3 4

Iklan