Ini Penyebab Utama Anemia Defisiensi Besi

Anemia Defisiensi Besi (Foto Ferosom Forte)

JAKARTA, Makansedap.id – Penyebab utama anemia defisiensi besi adalah masalah pada kekurangan nutrisi yang banyak terjadi saat bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Pada masa itu, penting untuk memberikan asupan MPASI yang mengandung besi. Sebab, sampai setahun pertama pertumbuhan, bayi akan mengalami peningkatan zat besi untuk mengejar tahapan usia pertumbuhan. Hal itu perlu dilakukan agar bayi terhindar dari anemia defisiensi besi.

“Ada masa transisi pada bayi dari mulai minum ASI dia harus mulai belajar makanan pendamping. Kita sebagai orang tua harus selalu bisa bagaimana caranya memberikan makanan MPASI yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan usianya. Hal itu penting agar bayi terhindar dari anemia defisiensi besi,” kata Ahli hematologi dan onkologi anak RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, DR Dr Murti Andriastuti, Sp.A(K).​​​​​ dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023.​​

Baca Juga:   Ini Rahasia Diet Nabati Bisa Kurangi Gangguan Tidur

Menurut DR Murti, masih banyak ibu yang tidak tahu pentingnya memberikan MPASI bernutrisi sehingga sering kali setelah selesai ASI, cadangan besi menurun dan anak mulai terlihat pucat. Dia menambahkan, dalam menyediakan MPASI untuk anak, harus memenuhi semua nutrisi yang mencakup makronutrien seperti zat besi, yang bisa di dapat dalam daging merah.​​​​​​​ (M1)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan