Kelompok Remaja Putri Rentan Diserang Anemia Defisiensi Besi

Kelompok remaja putri rentan diserang anemia defisiensi besi (Foto Mayo Clinic News)

JAKARTA, Makansedap.id – Kelompok remaja putri rentan diserang anemia defisiensi besi. Sebab, secara fisiologis akan mengalami menstruasi setiap bulan.

Kondisi pada remaja putri harus diperhatikan jika menstruasi terjadi dalam periode lebih dari dua pekan, harus dilakukan terapi dengan suplemen penambah darah.

“Harus hati-hati kalau remaja putri proses menstruasinya panjang dan lama. Kondisi itu bisa mengakibatkan anemia defisiensi besi, apabila terjadi harus monitor mencari tahu penyebabnya,” ucap kata Ahli hematologi dan onkologi anak RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, DR Dr Murti Andriastuti, Sp.A(K).​​​​​ dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023.​​

Baca Juga:   Gaya Hidup Tidak Sehat Picu Serangan Jantung

Suplementasi zat besi, kata DR Murti, penting diberikan pada kelompok remaja putri yang rentan dengan konsumsi selama tiga bulan berturut-turut dalam setahun. Pemberian suplemen penambah darah juga sangat penting agar remaja putri yang nantinya akan hamil dapat melahirkan anak yang sehat dan tidak mengalami anemia defisiensi besi.

Pada saat wanita hamil, kata DR Murti, akan ada transfer zat besi pada janin yang dikandungnya. Apabila selama kehamilan mengalami kekurangan zat besi akan terjadi komplikasi saat persalinan dan bayi bisa lahir kurang bulan atau prematur.

1 2

Iklan