SURABAYA, Makansedap.id – Pelatih tim nasional atau timnas U17 Indonesia, Bima Sakti, berpesan kepada anak asuhnya untuk bermain lebih hati-hati dan jangan mudah terprovokasi. Sebab, dalam laga Piala Dunia U17 menggunakan bantuan Video Assistant Refeere atau VAR.

“Dengan adanya VAR saya sudah menyampaikan ke pemain, bahwa segala apa yang dilakukan di lapangan akan terlihat di kamera. Jadi harus bersikap fair, harus bermain cerdik, bermain sabar, jangan terpancing emosi. Apalagi tim-tim Amerika Latin suka memancing-mancing emosi. Sebab, ada VAR yang mengintai,” ujar Bima Sakti di sela latihan ofisial menjelang laga Piala Dunia U17 kontra Ekuador di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Kamis, 9 November 2023.

Bima Sakti, pelatih asal Balikpapan, menjelaskan, selain memiliki kualitas individu yang baik, runner up Piala Copa America U17 itu juga memiliki set piece yang bagus.

Baca Juga:   DPR Desak PSSI Perbaiki Kualitas Wasit Liga Indonesia

“Itu sudah menjadi catatan buat kami. Dan, kami juga harus mengantisipasi itu. Namun yang terpenting adalah kami juga mempersiapkan tim kami sebaik mungkin,” ucap Bima Sakti.

Saat ini, lanjut Bima Sakti, kondisi para pemain tidak ada masalah dan sudah siap untuk bertanding melawan Ekuador. “Untuk mental pemain, saya pikir pasti ada nervous karena manusia pasti punya ketegangan. Sekelas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga ketika menghadapi sebuah pertandingan pasti punya rasa tegang,” tutur Bima Sakti.

Namun, kata Bima Sakti, yang paling penting para pemain sudah bisa berkomunikasi satu sama lain. “Mereka bisa saling support dan kekuatan kami adalah kebersamaan,” kata Bima Sakti.

1 2

Iklan