Ini Tiga Faktor Kunci Pembentukan Karakter Atlet

(Dari kiri ke kanan) Hafzan Taher (Ketua Pondok Indah Golf Club), Japto Soerjosoemarno (Ketua PB PGI), Hilmi Panigoro (Direktur Utama MedcoEnergi), dan Djonnie Rahmat (Project Officer Medco–Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023) mendukung prestasi pegolf amatir Indonesia.

JAKARTA, Makansedap.id – Pelatih pembentukan mental dan karakter, Ahris Sumariyanto S.Pd, M.Pd, mengungkapkan tiga faktor kunci saat mendampingi atlet.

“Ada tiga faktor utama yang harus dipahami oleh atlet. Tiga faktor itu merupakan modal pembentukan mental dan karakter. Pertama, mereka harus selalu meningkatkan fighting spirit. Saat bertanding, mereka harus punya modal fighting spirit saat berjumpa dengan lawan-lawannya,” ujar Ahris saat dihubungi, Selasa, 13 Juni 2023.

Faktor kedua, kata Ahris, atlet harus mempunyai rasa nasionalisme. “Saat bertanding, mereka mewakili Indonesia. Rasa nasionalisme seorang atlet harus tinggi. Mereka bukan mewakili individu,” jelas Ahris.

Dan, faktor ketiga, kata Ahris, atlet harus memiliki rasa kekeluargaan dalam sebuah tim. “Dalam satu tim, setiap atlet harus mempunyai rasa kekeluargaan yang tinggi, rasa sebagai saudara, bukan rasa hanya sebatas teman,” papar Ahris.

Ketiga faktor utama itu selalu diterapkan Ahris saat mendampingi tim golf putra dan putri. Tim putra terdiri atas Rayhan Abdul Latief, Luke Evan More, Randy Arbenata Muhammad Bintang, dan Teuku Husein M. Danindra. Sedangkan, tim putri terdiri atas Kristina Yoko Natalia, Sania Talita Wahyuni, Reicherin Giftrudy Hanslkie, dan Bianca Naomi Laksono.

Persiapan Mental

Sebanyak delapan pegolf putra dan putri Indonesia terus mempersiapkan mental, karakter, fisik dan teknik menjelang Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 yang diselenggarakan di Pondok Indah Golf Course, 4-6 Juli mendatang.

“Secara pribadi kami para pengurus Pondok Indah Golf Club ingin berkenalan dengan para atlet Indonesia yang akan tampil dalam turnamen nanti. Kami ingin memberikan semangat dan motivasi secara langsung kepada mereka, sekaligus menjadi ajang latihan bagi para atlet,” kata Djonnie Rahmat, Project Officer Medco Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 dan Komite Pertandingan Pondok Indah Golf Club di Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Baca Juga:   Mengintip Celah Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U17

Dalam kesempatan itu, Hilmi Panigoro selaku Direktur Utama MedcoEnergi berharap para pegolf Indonesia bisa lebih berprestasi setelah mengikuti Medco Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023.

“Dengan mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi yang berkualitas, para atlet tidak hanya mendapatkan pengalaman, tapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk tampil di turnamen-turnamen berikutnya. Kami berharap para atlet Indonesia juga bisa meraih prestasi yang membanggakan di level internasional,” kata Hilmi.

Medco Pondok Indah Golf Amateur Golf Championship 2023 akan diikuti 100 pegolf amatir, 30 di antaranya merupakan pegolf asing yang berasal dari Malaysia, Filipina, Vietnam, India, Oman, Taiwan, dan Korea Selatan. Para atlet tim nasional Indonesia, termasuk mereka yang tampil di SEA Games di Kamboja lalu juga akan ikut berpartisipasi.

Turnamen ini merupakan seri ke-5 Indonesian Amateur Golf Championship (IAGC) tahun 2023. Juara dari turnamen ini akan mendapatkan poin di World Amateur Golf Rangking (WAGR). Syarat sebuah turnamen agar bisa mendapatkan poin WAGR adalah minimal 54 hole dan jumlah total skor pemain tidak boleh lebih dari 18 di atas par.

Pondok Indah Golf Club merupakan salah satu klub golf di Indonesia yang peduli terhadap pembinaan prestasi. Hal itu dibuktikan dengan komitmen mereka menyelenggarakan turnamen-turnamen bergengsi level internasional. Selain Medco Pondok Indah Golf Amateur Championship 2023, klub ini juga secara rutin sudah menyelenggarakan International Junior Golf Championship dan Senior Amateur Open.

Pondok Indah Golf Course pernah menjadi tuan rumah World Cup, yaitu pada tahun 1983. Selain itu juga menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia Open 2015-2022, dan turnamen ladies sekelas LPGA, yaitu Simone Asia Pacific Cup 2022. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan