Keren, Bangka Tengah Kembangkan Potensi Wisata Kuliner

Mie Koba Khas Bangka (Foto Backpacker Jakarta)

KOBA, BABEL, Makansedap.id – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berupaya mengembangkan potensi wisata kuliner.

“Tujuannya untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat Bangka Tengah. Kuliner ini bagian dari daya tarik wisatawan. Wisata kuliner perlu dikemas dengan baik dan menarik,” kata Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zainal di Koba, Senin, 30 Januari 2023.

Bangka Tengah memiliki aneka ragam makanan khas daerah yang memiliki cita rasa dan mampu memanjakan lidah serta selara para wisatawan.

Di antara kuliner yang sangat diminati dan diburu para wisatawan lokal dan nusantara di Bangka Tengah, yakni otak-otak, mie koba, lokan laut, sup gangan dan lakso.

“Selain itu juga ada sejumlah toko oleh-oleh makanan ringan yang bahan bakunya dari ikan di Desa Kurau, di antaranya kemplang, getas, kricu dan jenis makanan ringan lainnya,” kata Zainal di Bangka Tengah.

Pemerintah Daerah Bangka Tengah juga sedang menyiapkan kawasan khusus wisata kuliner yang bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Baca Juga:   Ini Cheesy Rose Spaghetti Versi Sang Musisi Indonesia

“Potensi itu ada di sepanjang pantai Desa Terentang hingga Desa Penyak, merupakan kawasan pesisir yang aksesnya lebih mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan lintas kabupaten,” kata dia.

Kawasan pesisir Desa Penyak dan Terentang akan dikembangkan sesuai dengan potensi dan geografis daerah, kawasan tersebut menjadi tempat persinggahan karena berada di pinggir jalan lintas kabupaten yang banyak ditemukan warung makan dengan menu khas lokal.

“Potensinya bisa dikembangkan menjadi kawasan khusus wisata kuliner yang menyajikan aneka jenis menu khas daerah,” kata dia.

Dia mengatakan, sejumlah warung yang sudah berdiri di sepanjang pantai bisa ditata dengan baik dan pemiliknya didata serta diarahkan untuk memasak makanan khas tradisional.

“Tentu warung tersebut harus lebih rapi, bersih, tertata dengan baik dan masakan yang disajikan benar-benar memiliki cita rasa yang bisa memanjakan lidah para pengunjung,” ujar Zainal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan