Legenda Binaraga Indonesia, Levi Rumbewas Wafat

Levi Rumbewas (dua dari kiri, Foto Antaranews.com)

JAKARTA, Makansedap.id – Legenda binaraga Indonesia, Levi Rumbewas wafat di Rumah Sakit Provita, Kota Jayapura.

Seperti dilansir dari keterangan resmi KONI Pusat, Sabtu, 18 Mei 2024, kabar wafatnya Levi Rumbewas telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Pengurus Provinsi Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI), Billy Watori, Jumat, 17 Mei 2024.

“Selamat jalan Patriot Olahraga kebanggaan Indonesia, jasamu selalu kami kenang, perjuanganmu mengharumkan bangsa dan negara melalui olahraga akan kami lanjutkan,” kata Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn. Marciano Norman.

Levi Rumbewas memang telah lama didera penyakit stroke dan batu ginjal. Levi Rumbewas merupakan penyandang gelar atlet binaraga terbaik di Asia Tenggara yang direbut pada 1987 lalu mengamankan medali emas, SEA Games XIV di Jakarta, SEA Games 1989 di Malaysia dan 1991 di Filipina.

Baca Juga:   Begini Indikator Penilaian Lolos Babak 16 Piala Asia

Di kancah Asia, atlet asal Papua tersebut juga disegani berkat menyabet gelar Mr Asia 1991 kelas ringan 70 kg dan most improver yang hanya diberikan kepada atlet binaraga yang dinilai dewan juri memiliki perkembangan fisik serta kemajuan pesat dari setiap pertandingan yang ia ikuti.

Ayah dari atlet berprestasi Lisa Raema Rumbewas tersebut mencapai puncak karier saat menjadi atlet terbaik ketujuh dunia lewat World Games di Belanda pada 1989.

Selain itu, Levi Rumbewas juga merupakan atlet yang menyegel lima medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang masing-masing diperoleh pada edisi 1981, 1985, 1989, 1993 dan 1996.

Sebelumnya, Lisa Raema Rumbewas dinyatakan meninggal dunia pada Minggu 14 Januari 2024 sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura. (rw)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan