Pakar Ungkap Fakta Kebiasaan Merokok pada Anak

Sekitar 20% siswa kelas 7 hingga 9 Sekolah Menengah Pertama sudah merokok (Foto Verywell Mind)

JAKARTA, Makansedap.id – Ketua Komite Nasional Pengendalian Tembakau, dr Hasbullah Thabrany, M.P.H., Dr.P.h. mengungkapkan, fakta terkait merokok pada anak. Menurut dr Hasbullah, sekitar 20% siswa kelas 7 hingga 9 Sekolah Menengah Pertama sudah merokok.

Dalam sebuah acara kesehatan di Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023, dr Hasbullah berpendapat dampak buruk yang bisa dialami seorang anak apabila terus menerus terpapar dengan rokok. Merokok pada anak menimbulkan kecanduan dan sulit disembuhkan.

“Kalau anak sudah kecanduan merokok, sampai dewasa, 30-40 tahun belanja uangnya untuk rokok. Banyak anak sudah candu dan tidak bisa keluar lagi. Merokok pada anak cenderung sulit disembuhkan,” kata dr Hasbullah di Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Baca Juga:   Ini Hubungan Timbal Balik Antara Kuliner dan Alam

Berbicara data terkait anak yang merokok, Program Lead Manager Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil Sekretariat Wakil Presiden (Satwapres) Iing Mursalin menyebut sebanyak 69,42% anak usia dini yakni 0-6 tahun tinggal dalam satu anggota keluarga merokok.

Menurut dr Hasbullah, tidak mudah mengedukasi kebiasaan merokok apalagi mengingat adanya satu anggota keluarga yang menerapkan kebiasaan itu.

1 2 3

Iklan