PLN UID Jaya dan ESDM Inspeksi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Management PLN UID Jakarta Raya berbincang dengan salah satu pengguna SPKLU yang akan melakukan perjalanan mudik rute Jakarta-Bandung dengan mobil listrik di Rest Area Tol Jakarta Cikampek KM 7. (Dok/MS).

JAKARTA, Makansedap.id – General Manager PLN Unit Induk Distribusi atau UID Jakarta Raya dan Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM meninjau langsung kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di jalur mudik, di antaranya di Rest Area Kilometer (KM) 6 Tol Jakarta-Cikampek dan Rest Area KM 7 Tol Ulujami – Serpong.

Tujuan inspeksi adalah untuk memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Selain itu, inspeksi dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan posko mudik di setiap SPKLU selama periode mudik Lebaran.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan PLN telah menyiapkan posko siaga yang nyaman untuk melayani para pengguna SPKLU, mulai dari posko mudik yang teduh, stop kontak, minuman gratis yang selalu tersedia, hingga kursi pijat yang siap digunakan setiap saat.

“Lokasi posko mudik ini bersebelahan persis dengan SPKLU. Sehingga ketika sedang ngecas mobil listrik, pemudik bisa sambil istirahat di posko mudik tersebut. Mau minum teh, kopi, ngecas handphone, sampai kursi pijat ada,” ujar Lasiran dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 9 April 2024.

Baca Juga:   KemenPPPA Minta Polisi Usut Dugaan Perundungan Anak
Pengecekan SPKLU di Rest Area Tol Ulujami Serpong KM 7 dilakukan oleh GM PLN UID Jakarta Raya Lasiran (kanan) didampingi Manager PLN UP3 Bintaro, Hendar Prisnadianta (kiri) meliputi pengecekan fasilitas SPKLU dalam mendukung pemudik dengan kendaraan listrik. (Dok/MS).

Inspeksi General Manager PLN UID Jakarta Raya di SPKLU Rest Area KM 7 Tol Ulujami-Serpong ini juga bertepatan dengan inspeksi dari Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM yang sedang memastikan kesiapan SPKLU di jalur mudik. Hasil inspeksi di 2 rest area jalur mudik tersebut yaitu SPKLU dan petugas dalam kondisi siap melayani pemudik Lebaran 2024.

Lasiran menambahkan khusus mudik Lebaran tahun ini, PLN telah menambah 2 SPKLU Rest Area Tol Ulujami-Serpong KM 7 dan meningkatkan kapasitas charger SPKLU di Tol Jakarta-Cikampek KM 6 dari sebelumnya kapasitas pengisian daya 25 kilowatt (kw) menjadi Ultra Fast Charging (UFC) dengan kapasitas pengisian daya 200 kilowatt (kw).

“Tidak hanya SPKLU yang berada di rest area saja, kami juga terus memantau kesiapan seluruh SPKLU yang ada di seluruh wilayah Jakarta. Ada sekitar 52 titik SPKLU dengan 84 charger yang masuk dalam pantauan kami,” terang Lasiran.  (rnr)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan