RS Jiwa Aceh Tegaskan Makanan untuk Pasien ODGJ Higienis

Ilustrasi pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). (Foto RCNI)

BANDA ACEH, makansedap.id – Direktur Rumah Sakit Jiwa Aceh, dr Makhrozal menegaskan, makanan yang diberikan kepada pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di sana higienis. Sebab, sudah melalui pemeriksaan ketat.

“Pihak instalasi gizi RS Jiwa Aceh selalu melakukan pemeriksaan ketat atas makanan yang diantar untuk kepada pasien ODGJ. Makanan selalu higienis,” kata dr Makhrozal dalam keterangan resmi, di Banda Aceh, Selasa, 15 November 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan dr Makhrozal sebagai respon terhadap temuan dari peninjauan Komisi V DPR Aceh ke Rumah Sakit Jiwa Aceh, beberapa waktu lalu. Saat itu, mereka menemukan makanan untuk pasien ODGJ diduga tak higienis.

Konsumsi untuk pasien ODGJ Rumah Sakit Jiwa Aceh tersebut disediakan oleh pihak ketiga yang memenangi tender dari pengadaan Pemerintah Aceh.

Baca Juga:   Sinopsis Sri Asih, Anak Yatim Piatu yang Jago Bela Diri

Saat ini, kata dr Makhrozal, semua pasien ODGJ yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Aceh dalam kondisi baik-baik saja, tanpa mengalami permasalahan kesehatan lainnya.

Terkait temuan DPR Aceh itu, lanjut dr Makhrozal, pihaknya sudah beberapa kali memberikan pembinaan dan teguran kepada pihak penyedia sejak awal pengadaan agar makanan yang diberikan itu benar-benar higienis.

“Karena memang sesuai dengan pengadaan harus sesuai kontrak dan harus higienis,” ujar dia.

Pihaknya, kata dr Makhrozal, selalu melakukan pemeriksaan ketat di instalasi gizi. Setiap makanan yang masuk memiliki sampel untuk disimpan dalam kulkas di instalasi tersebut selama 24 jam.

“Penyimpanan sampel makanan dalam kulkas tersebut untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium bila diperlukan,” kata dr Makhrozal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan