Yuk, Belajar Membuat Camilan Sala Lauak

Seorang pembeli sedang mencicipi Sala Lauak, camilan khas Sumatra Barat. (Foto KSM Tour)

JAKARTA, makansedap.id – Sala Lauak, camilan khas Sumatra Barat layak dicoba. Proses pembuatannya pun tidak sulit.

Sala Lauak adalah makanan gorengan khas Pariaman, Sumatra Barat, yang berbahan dasar tepung beras berwarna kuning kecoklatan.

Sala Lauak dibuat dari campuran bahan yang berasal dari kunyit. Makanan ini berbentuk bola, mirip comro di Jawa Barat.

Bagaimana cara membuat Sala Lauak? Chef Putri Habibie berbagi resep membuat Sala Lauak.

Pada dasarnya, menurut Putri, membuat Sala Lauak bisa dari bahan-bahan yang ada di rumah seperti 3 lembar daun bawang, 1 lembar daun kunyit, kaldu ayam, 14 cabai, 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, 1 ruas lengkuas, 2 sendok makan ikan teri, 1/2 ruas jahe dan 200 gr tepung beras.

“Ini dibuat sesuai selera saja, kalau enggak ada teri bisa pakai jambal, atau keju, bisa juga diisi dengan isian lain sesuai keinginan aja,” ujar Putri di Jakarta, dalam acara demo masak BOLA Deli di Jakarta, Rabu, 9 Novmber 2022.

Baca Juga:   Begini Konsep Wisata dan Kuliner Halal Bengkulu

Cara membuatnya pun cukup mudah yakni memasukkan semua bumbu dan ikan teri yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan air 300 ml, kemudian masukkan kaldu ayam, garam dan daun-daun yang sudah diiris hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan tepung beras, masak dan aduk hingga rata. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat. Kemudian siapkan wajan di atas kompor api, lalu goreng adonan hingga warna keemasan.

“Kalau aku sama mamaku makan Sala Lauak sambil dicocol sambal. Kalau buat ibu-ibu yang biar anaknya makan sayur, bisa ditambah wortel dipotong kecil-kecil,” kata Putri.

Putri mengatakan, masakan Indonesia identik dengan berbagai macam bahan yang terkadang membuat kerepotan dalam mencari bahan baku. Namun, hal ini dapat teratasi dengan kelengkapan produk dari BOLA Deli yang terdiri atas tepung beras, tepung ketan hingga gula halus.

“Saya merasakan kemudahan dalam mendapatkan produk-produk tersebut di dalam satu tempat. Pada akhirnya, BOLA Deli memberikan hasil akhir makanan yang lezat dan nikmat,” ujar Putri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan