JAKARTA, makansedap.id – Saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat pada perayaan Tahun Baru 2023, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani camilan tinggi protein.

Di tengah variasi sajian camilan, satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah kandungannya. Jangan sampai camilan yang dikonsumsi malah berdampak buruk bagi tubuh.

Protein merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk diperhatikan asupannya. Menurut Mayo Clinic, jika kebutuhan kalori seseorang 2.000 kalori per hari, asupan camilan yang harus dionsumsi 200-700 kalori dari protein atau 50-175 gram.

Seperti dikutip dari Popsugar, contoh camilan yang kaya protein antara lain daging, ikan, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Waktu terbaik mengonsumsi protein adalah setiap kali makan, termasuk makanan ringan.

“Camilan berprotein tinggi sangat bagus karena memberikan energi berkelanjutan pada tubuh dan membantu merasa tetap kenyang di antara waktu makan,” kata ahli diet Kaitlyn Willwerth, MS, RD dalam keterangan resmi yang diterima makansedap.id, belum lama ini.

Ada beberapa inspirasi camilan tinggi protein untuk disajikan. Pertama, kacang pistachio. Ahli diet Lauran Manaker, MS, RDN, LDN mengatakan, kacang pistachio mengandung semua asam amino esensial penyusun protein. Selain itu, kacang pistachio juga dapat menjadi sumber serat, vitamin B6, hingga fosfor.

Baca Juga:   Sambut Ramadan, Royale Krakatau Hotel Siapkan Arabic Night

Kemudian, stik keju. Keju kaya akan mineral, lemak, dan kalsium, serta tinggi protein. Menurut ahli diet Emily Tills, RD, stik keju memiliki sekitar tujuh gram protein.

Lalu, telur rebus. Menurut American Heart Association, satu telur besar mengandung enam gram protein. Sehingga, telur rebus adalah cara yang baik untuk menambahkan asupan protein.

Selanjutnya, selai kacang. Menurut ulasan dalam Journal of Food Science and Technology 2016, selai kacang mengandung lemak sehat esensial, vitamin, mineral, dan antioksidan seperti resveratrol.

Dalam dua sendok makan, seseorang bisa mendapatkan delapan gram protein. Jadi, bisa coba menambahkan selai kacang ke sepotong roti tawar atau roti gandum untuk camilan lezat dan berprotein tinggi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan