Terharu, Bepergian Bersama Ibu Pererat Hubungan Emosional

Bepergian berdua dengan ibu bisa membuat umur lebih panjang. Sebab, dapat membantu mempererat ikatan. (Foto Motherly)

JAKARTA, Makansedap.id – Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan, bepergian berdua dengan ibu bisa membuat umur lebih panjang. Sebab, dapat membantu mempererat ikatan atau hubungan emosional antara ibu dan anak.

Ikatan yang semakin erat ini secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatan, meredakan stres, meningkatkan imunitas dan suasana hati, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Ada tujuh rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama ibu seperti disiarkan keterangan tertulis Pegipegi, Kamis, 29 Desember 2022.

Pertama, staycation, makan malam, dan spa di hotel. Staycation di hotel yang terjangkau dari tempat tinggal dapat menjadi pilihan praktis yang mengasyikkan. Selama di hotel, aktivitas yang bisa dilakukan dapat bercengkerama dengan ibu sambil melihat tayangan televisi atau streaming film di kamar. Setelah itu, bisa mencoba memanjakan diri di layanan spa pada sore hari, dan makan malam di restoran hotel.

Kedua, jalan-jalan dan piknik di taman atau hutan kota. Sosok ibu biasanya sangat menyukai hal-hal seputar tanaman, berkebun, dan aktivitas sejenis lainnya. Ajak ibu bepergian ke taman atau hutan kota untuk piknik sambil berbincang-bincang akrab dengannya.

Sejumlah destinasi favorit memiliki taman atau hutan kota yang mengesankan. Misalnya, di Jakarta seperti Hutan Kota GBK, Tebet Eco Park, dan Urban Forest Cipete. Di Yogyakarta misalnya Hutan Pinus Mangunan, Taman Nasional Kalibiru, dan Pinus Pengger. Sedangkan di Bogor dan sekitarnya ada Kebun Raya Bogor dan Ecopark Art Sentul.

Ketiga, menikmati sunset di pinggir pantai. Sebagai sebuah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia begitu kaya dengan destinasi pantai-pantainya yang cantik. Betapa romantisnya jika bersama ibu duduk beralaskan tikar di atas hamparan pasir putih sambil melihat pemandangan senja diiringi suara deburan ombak.

Saat di sana, makanan kesukaan ibu harus sudah disiapkan agar momen keakrabannya semakin terasa. Beberapa rekomendasi pantai cantik di Indonesia yang dapat dikunjungi bersama ibu, yaitu Pantai Pulau Merah, Pantai Ora, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan, Pantai Nusa Dua, hingga Pantai Jimbaran.

Warisan Sejarah dan Budaya

Indonesia tak hanya kaya dari segi alamnya, melainkan juga warisan budaya dan sejarahnya. Mengajak ibu melihat warisan sejarah dan budaya Indonesia yang sangat beragam menjadi salah satu ide liburan yang menarik.

Baca Juga:   Gilang Widya Pramana Mundur dari Jabatan Presiden Arema FC

Ada berbagai museum, situs sejarah dan budaya hingga desa adat yang bisa dikunjungi bersama ibu. Misalnya, Candi Prambanan dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, Desa Penglipuran dan Istana Tirta Gangga di Bali, hingga Museum Tekstil dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

Menghabiskan waktu bersama ibu dengan mengikuti workshop atau kelas kerajinan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki banyak galeri kerajinan yang menyediakan workshop bagi para pengunjung. Mulai dari kelas membatik, melukis, hingga membuat kerajinan tanah liat.

Selain mempelajari dan mengasah keterampilan dalam seni, mengikuti sesi  kerajinan juga bisa dimanfaatkan untuk bersenda-gurau bersama ibu.

Di Jakarta, bisa mengajak ibu pergi ke Museum Seni Rupa dan Keramik, Galleri Kollekan, dan Hoxton & Tate untuk mencoba workshop kerajinan keramik. Di Yogyakarta, bisa berkunjung ke Museum Batik Yogyakarta untuk mencoba kelas membatik.

Kuliner Khas dan Lezat

Masalah kuliner tidak boleh dilupakan. Ibu cenderung sangat menyukai aktivitas ini. Mencicipi sajian kuliner khas daerah dapat menambah seru momen liburan bersama ibu yang umumnya sering memasak dan menyajikan makanan lezat untuk keluarga.

Jika sedang liburan ke daerah tertentu, pastikan mengajak ibu mencicipi kuliner khas di sana. Misalnya, saat sedang ke Bali, berkunjunglah ke Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Rumah Makan Taliwang Bersaudara, Warung Udang Mang Engking Kuta, dan Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Bagi yang tinggal atau akan ke Malang, tempat kuliner khas yang bisa dicoba seperti Rumah Makan Hok Lay, Sego Goreng Resek, Rawon Nguling, dan Warung Lama H. Ridwan.

Belanja di Pasar

Indonesia memiliki banyak tempat wisata belanja berupa pasar dan mal. Berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi sang ibu. Bahkan, sebagian orang sengaja travelling ke daerah tertentu untuk wisata belanja seperti berburu produk tekstil, aksesori, produk kecantikan, barang antik, hingga barang elektronik.

Di Jakarta, tempat wisata belanja beragam seperti di Pasar Baru, Kota Kasablanka, Grand Indonesia, dan Senayan City. Di Bandung, ada Pasar Cibaduyut, Pasar Lembang, dan Paris Van Java.

Di Yogyakarta, terdapat Pasar Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Pasar Seni Gabusan. Sedangkan di Surabaya, bisa berkunjung ke Pasar Atom, Pasar Turi, Tunjungan Plaza, dan Ciputra World. ***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan