Kiprah Raden Ajeng Kartini Merawat Kuliner Lokal

Raden Ajeng Kartini, kiri (Foto Sukabumi Update)

JAKARTA, Makansedap.id – Republik Indonesia merayakan hari kelahiran Raden Ajeng Kartini setiap tanggal 21 April. Kisah kehidupan dan kiprah Raden Ajeng Kartini, perempuan asal Jepara itu ternyata multidimensi. Pantas Raden Ajeng Kartini dikagumi banyak pihak dari berbagai kalangan.

Menurut peneliti di Pusat Riset Tanaman Pangan, Organisasi Riset Pertanian dan Pangan, BRIN, Dr Destika Cahyana, SP, M.Sc, salah satu kisah Raden Ajeng Kartini adalah menulis resep masakan pertama di Indonesia dari masa lalu yang berhasil diterbitkan.

Sebagian besar orang, kata Destika Cahyana, tidak menyadari bahwa Raden Ajeng Kartini juga termasuk pejuang kuliner dan pangan lokal. Raden Ajeng Kartini sebagai putri bupati, tentu berjumpa dengan beragam produk kuliner dan bahan pangan papan atas di zamannya.

Baca Juga:   Gol Tunggal Witan Bawa Timnas U23 Bungkam UAE

Di sela kehidupannya yang pendek, menurut Destika Cahyana, Raden Ajeng Kartini masih sempat merekam resep masakan yang dihidangkan untuk keluarga bangsawan di lingkungan Kadipaten Jepara.

Seperti dilansir Antara, Senin, 22 April 2024, resep masakan yang dihidangkan untuk keluarga priyayi berasal dari tangan dingin perempuan bangsawan dan dayang terbaik di zamannya. Raden Ajeng Kartini menulis resep makanan tersebut dalam aksara Jawa dengan rinci.

1 2 3

Iklan