BOGOR, makansedap.id – Nama tahu bakso talas bagi sebagian orang mungkin belum terlalu familiar. Namun, warga Bogor Utara sudah paham betul soal tahu bakso talas karya Siti Sholikah.

Siti mengaku terinspirasi membuat tahu bakso talas setelah mendengar pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Beberapa waktu lalu, Sandiaga berusaha memberikan motivasi kepada para pelaku usaha di Jawa Barat untuk membuat sajian yang sesuai dengan iklim cuaca di sana.

“Sandiaga ingin ada makanan pedas dan panas untuk dinikmati saat cuaca dingin, sehingga muncul tahu bakso talas. Saat ini, sejumlah hidangan oleh-oleh dari Jawa Barat umumnya terdiri atas kue-kue manis seperti bolu,” tutur Siti seperti dilansir Antara, 3 Januari 2023.

Siti, pemilik dari Resto Mama Shakila di Bogor Utara, akhirnya menawarkan hidangan tahu bakso, bakso, dan juga mie ayam yang bahannya dipadukan dengan talas, bahan yang identik dengan Bogor.

Produk andalan pertamanya adalah tahu bakso talas yang dicocol dengan sambal kecap. Versi tahu bakso talas beku menjadi primadona saat pandemi melanda. Tak cuma tahu bakso, aneka olahan bakso yang dibekukan juga telah dikirimkan ke konsumen lintas provinsi.

Awalnya semua dipasarkan dari rumahnya, melayani pengiriman ke berbagai tempat. Pada Desember 2022, dia membuka restoran di Bogor Utara sehingga orang-orang bisa menikmati hidangan bakso talas buatannya secara langsung.

Inovasi membuat bakso dengan pati talas sukses setelah melewati tiga bulan masa percobaan. Pati talas dianggap lebih sehat karena bebas gluten, sehingga bisa menjadi alternatif hidangan bagi orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi tepung.

Hidangan, yang sudah mendapat sertifikasi Badan POM dan dinyatakan halal, disuguhkan dalam peralatan makan yang terbuat dari gerabah. Tak heran, kuah-kuah bakso dan mie ayam masih panas mengepul dalam waktu yang relatif lama setelah disajikan di atas meja.

Apa saja yang ada di restoran ini? Pencinta tahu bakso talas bisa memilih rasa original, pedas, keju, atau campur. Semuanya dicocol dengan sambal kecap. Bagi yang ingin makan bakso panas di tengah sejuknya Bogor, ada bakso isi daging, bakso urat, juga bakso polos komplit. Menu seperti itu umumnya ada juga di kedai bakso lainnya.

Ada juga menu unik dan menarik yang ditawarkan oleh Siti, yakni bakso selimut kabut yang merupakan kebalikan dari bakso telor. Jika bakso telor terdiri atas bakso dengan isi telor, ‘selimut’ dari bakso selimut kabut dibuat dari kocokan telur. Bakso seakan seperti diselimuti dengan selubung kuning yang terbuat dari telur.

Baca Juga:   Kakiage, Referensi Kamus Kuliner Chef Hideki Fujiwara

Mau penampilan yang lebih menarik? Ada bakso tulang rusuk, yaitu bakso ditempelkan di sekitar rusuk. Rasanya lebih lembut, cocok dengan kuah yang gurihnya pas. Anda juga bisa menikmati bakso iga yang mengenyangkan karena berisi tulang iga dengan daging yang tebal.

Suka pedas dan ingin makan beramai-ramai? Bakso beranak mercon bisa menjadi pilihan. Mangkuk gerabah yang besar menjadi wadah dari bakso besar di tengah kuah merah dengan cabai-cabai mengambang di sekitarnya. Ketika bakso beranak dibuka, terlihat bakso-bakso ukuran kecil dan telur puyuh.

Kendati kuahnya terlihat merah dan ‘garang’, tapi kuahnya tidak sepedas yang dibayangkan, masih bisa dinikmati oleh pencinta pedas.

Tulang Sumsum

Menu lainnya yang menarik adalah bakso tulang sumsum rawit keju yang tampilannya pasti membuat orang menengok. Bakso disajikan dalam dua mangkuk, satu mangkuk khusus berisi tulang sum-sum besar yang isinya bisa disedot. Sementara itu, baksonya yang besar berisi potongan keju dan cabai rawit.

Pilihan menu lain yang tak kalah menyenangkan adalah mie ayam hotplate. Jangan lupa untuk mencicipi mie ayam lada hitam apabila menyukai makanan pedas. Bagi yang tak terlalu suka pedas, level 3 sudah cukup membuat Anda sedikit berkeringat.

Tentu saja, masih ada menu lain yang rasanya tak mungkin tidak ada di kedai bakso, mie ayam. Antara mencicipi mie ayam bakso original yang gurih dan manis, resep turun temurun dari ayah mertua sang pemilik restoran yang lebih dulu berbisnis di Blora, Jawa Tengah. Cita rasanya gurih cenderung ke manis, bisa jadi karena resepnya berasal dari hidangan yang dipasarkan di Jawa Tengah.

Meski porsinya personal, mie ayam ini punya porsi yang cukup banyak. Potongan ayam dan sayuran di dalamnya tidak tanggung-tanggung, bisa memenuhi perut bila sedang sangat keroncongan. Kisaran harga di restoran ini dimulai dari Rp 19.000 hingga Rp 77.000.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan